Perbedaan Menabung dan Investasi
Perbedaan Menabung dan Investasi

Perbedaan Menabung dan Investasi dari Lima Segi

Sekilas, kata investasi dan menabung terdengar sama, yaitu menyimpan uang, tapi pada dasarnya ada perbedaan menabung dan investasi. Berdasar definisinya: menabung adalah kegiatan penyimpanan uang yang biasanya dilakukan dalam jangka pendek untuk kondisi darurat, sedang investasi adalah kegiatan dengan maksud mengembangkan uang yang dipunyai agar dapat untung dalam nominal yang lebih besar.

Investasi perlu waktu lebih panjang untuk tujuan pokok keuntungan yang lebih baik. Di bawah ini beda antara tabungan dan investasi:

1. Dari Segi Tujuan

Dari tujuannya, perbedaan menabung dan investasi bisa digambarkan bahwa menabung biasa dipakai untuk mengalokasikan dana cadangan guna berjaga-jaga. Perhatian utama adalah kebutuhan sehari-hari. Sedangkan investasi seperti sudah disinggung di atas bertujuan untuk meraih keuntungan pada jangka yang lebih panjang di masa mendatang.

Keuntungan dari investasi diperoleh dari hasil bunga uang yang diinvestasikan dan umumnya baru terlihat hasilnya sedikitnya tiga sampai lima tahun melakukan investasi. Biasanya hasil dari kegiatan investasi ini dipakai sesudah pensiun, atau bisa pula kebutuhan pendidikan anak atau cucu pada masa nanti, bukan untuk sekarang ini.

TRENDING :  Cara Daftar OVO PayLater Tokopedia Terbaru 2021 Tanpa Ribet

2. Dari Segi Resiko

Beda yang mungkin paling mencolok antara menabung dan investasi ada pada resiko serta potensial return yang mungkin diperoleh. Tabungan bisa diambil sewaktu-waktu dan punya resiko lebih rendah. Hasil return pasti sesuai dengan jumlah yang ditabung. Sementara investasi perlu jangka waktu panjang dan risk yang lebih tinggi. Hasil investasi dapat berupa keuntungan atau bisa kerugian, kurang dari jumlah yang diinvestasikan di awalnya.

3. Dari Bentuk dan Jenis Produk

Perbedaan menabung dan investasi selanjutnya adalah bentuknya. Bentuk Dari tabungan biasanya adalah uang. Uang itu ditabung pada bank atau koperasi di dalam bentuk uang pada tabungan atau deposito. Sedangkan investasi bisa berbentuk berbagai macam instrumen. Ada investasi di dalam bentuk aset nyata dan investasi berbentuk keuangan dalam produk-produk pasar modal.

TRENDING :  7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

Investasi di bentuk aset nyata misalnya dapat dalam bentuk emas dan aneka produk barang properti. Sedang investasi di pasar modal bisa berbentuk saham, reksa dana dan obligasi. Produk investasi itu bisa bertumbuh sesuai dengan keadaan pasar dan untung yang didapat bisa lebih besar daripada tabungan biasa.

4. Dari Kemudahan Mengakses

Menabung adalah penyisihan uang bagi kebutuhan jangka pendek atau dana darurat, sedang investasi adalah kegiatan pengembangan uang yang dipunyai guna mendapatkan untung. Perbedaan menabung dan investasi juga kontras di akses penyimpanan.

Setelah menabung, penabung bisa mengakses atau mendapatkan uangnya di manapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Dana tabungan dapat diambil sesuai yang diperlukan, tinggal mengambilnya di ATM atau di bank langsung. Lain dengan investasi. Uang yang diinvestasikan tak dapat diambil sewaktu-waktu sebab ada jangka periode karena investasi memang dimaksudkan untuk jangka panjang.

5. Dari Perolehan Keuntungan

Selanjutnya perbedaan menabung dan investasi iaah dari besarnya keuntungan. Uang yang disimpan di bentung tabungan tak dapat tumbuh secara signifikan. Memang ada untung berbentuk bunga tabungan tahunan. Namun, jumlahnya terhitung sangat kecil, bahkan hasil dari bunga tabungan tahunan bisa bernilai lebih kecil dari administrasi bulanan yang dikenakan. Selain ini ada batasan pengambilan tergantung dari bank tempat menabung.

TRENDING :  5 Aplikasi Pinjaman Online Resmi yang Sudah Diawasi OJK

Untuk melakukan investasi dibutuhkan kecakapan dan keterampilan dalam melihat situasi pasar. Meskipun butuh waktu yang cukup lama untuk mendapat laba, tetapi keuntungan dari investasi akan lebih memuaskan .

Demikian perbedaan menabung dan investasi. Masing-masing jelas memiliki keuntungan dan keunggulan dan kelemahan sendiri. Tapi tabungan dan investasi tadi seharusnya tak membuat ragu untuk menyimpan uang demi masa depan yang lebih cerah

About Firma Wati

Check Also

cara mengatur keuangan pribadi remaja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

Remaja adalah masa dimana sedang suka-suka nya membeli barang yang diinginkan. Bagaimana tidak? Semakin pesatnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.