cara mengatur keuangan anak kos
cara mengatur keuangan anak kos

7 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Agar Bisa Hidup Hemat

Para anak indekos dituntut untuk hidup mandiri dan hemat dalam satu waktu. Salah satu langkahnya yaitu dengan mengetahui cara mengatur keuangan anak kos supaya bisa melakukan manajemen yang baik. Hidup jauh dari orang tua, sebisa mungkin uang yang dikirim harus dikelola dengan benar. Berikut ini 7 cara yang patut dicoba:

1. Membuat Anggaran keuangan

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh anak indekos adalah membuat anggaran untuk keuangannya. Ketika mendapatkan kiriman dari orang tua, sebisa mungkin buat uang tersebut tidak habis sebelum waktu transfer di bulan berikutnya. Caranya yaitu dengan membagi uang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas setiap harinya.

Catat semua keperluan yang perlu diberi anggaran. Mulai dari biaya makan sehari-hari, transportasi, belanja bulanan, hingga pulsa dan kuota internet. Masukkan pula biaya untuk liburan asal tidak melebihi kebutuhan lain. Melalui cara inilah, bisa melakukan kalkulasi secara rinci. Pembagian uang pun bisa diketahui dengan gamblang. Sehingga dapat mengaturnya dengan tepat.

TRENDING :  7 Cara Menabung Untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta

2. Menuliskan Kebutuhan dan Keinginan

Salah satu hal yang sering membuat anak indekos sulit mengatur keuangannya adalah bingung memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Uang yang seharusnya cukup satu bulan, malah habis percuma untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, tulislah barang apa saja yang memang menjadi kebutuhan atau hanya keinginan sesaat saja.

3. Memasak Sendiri atau Membawa Bekal

Kebanyakan orang mungkin malu membawa bekal ke kampus atau tempat kerja. Padahal tips ini bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan anak kos yang tepat. Jika memasak sendiri, biaya yang dikeluarkan tentu lebih hemat. Jiwa boros yang biasanya muncul tertekan dengan baik. Berbeda ketika membeli di warung atau gerai makanan.

4. Menggunakan Fasilitas Umum

Hal lain yang sering kali membuat uang kiriman dari orang tua cepat habis adalah pulsa atau paket data. Untuk menekan biaya tersebut, gunakanlah fasilitas umum di sekitar indekos. Caranya yaitu dengan menggunakan WiFi yang memang tersedia di indekos atau di lingkungan terdekat. Bisa juga dengan mendatangi gerai Telkom dekat kos.

TRENDING :  Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

5. Membayar Kewajiban pada Waktunya

Sesaat setelah mendapatkan kiriman, sebaiknya segera gunakan untuk membayar kewajiban, yakni biaya kos satu bulan. Karena dengan begini, bisa melakukan kontrol dengan baik pada keuangan. Uang tersebut bisa dianggarkan sesuai rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Dan sudah pasti tidak ada kendala uang habis sebelum waktunya. Jangan menundanya hingga tanggungan membengkak.

6. Menabung

Mungkin banyak anak indekos yang berpikir kalau tidak perlu menabung. Dan merasa kalau uang yang diterima tidak akan ada sisa. Padahal kalau bisa memanajemen dengan baik, putaran keuangan bisa terkontrol. Seperti halnya menyisihkan uang recehan sisa membeli keperluan. Setelah terkumpul, mungkin saja tabungan ini bisa digunakan untuk hal mendesak.

TRENDING :  Investasi cerdas untuk pelajar

7. Menambah Pendapatan

Sebenarnya anak indekos bisa menambah pemasukannya dengan cara mencari pendapatan lain. Jadi, tidak hanya berpangku tangan dan menunggu kiriman dari orang tua. Banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan. Asalkan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari. Seperti mencoba menjual barang-barang secara online atau menjadi seorang freelancer.

Demikian uraian mengenai cara mengatur keuangan anak kos dengan tepat. Lakukanlah manajemen dan kontrol dengan baik. Sehingga uang yang dikirim oleh orang tua bisa mencukupi kebutuhan dalam waktu satu bulan. Penting sekali untuk hidup hemat. Jangan sampai tergoda oleh keinginan yang bisa membuat dana membengkak.

About Firma Wati

Check Also

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi Bagi Investor Dan Tipsnya

Tujuan Investasi Tujuan Investasi – Edukasi mеngеnаі investasi mаkіn menjamur selama bеbеrара tаhun tеrаkhіr dі …

Leave a Reply

Your email address will not be published.