cara membuat financial planning
cara membuat financial planning

Tips dan Cara Membuat Financial Planning yang Efektif

Harga barang yang meningkat setiap waktunya menuntut seseorang agar mampu mengelola keuangan dengan pendapatan yang dimilikinya. Adanya kemampuan seseorang untuk mengelola keuangannya dengan baik dinamakan dengan financial planning. Melakukan financial planning pun tidak bisa sembarangan karena ada banyak yang harus dipertimbangkan. Selengkapnya akan diulas bagaimana cara membuat financial planning paling efektif :

1. Tentukan Tujuan Yang Akan Dicapai

Memilih tujuan yang tepat memang sangat penting sebelum memulai untuk rencana yang akan dijalankan di masa depan. Hal ini juga berlaku disaat seseorang ingin memulai merencanakan financial planning yang efektif. Adanya tujuan yang ditetapkan saat ingin memulai langkah ini dapat membantu memotivasi individu tersebut untuk mencapai goals yang diinginkan. Jangka waktu yang ditetapkan juga memiliki peran penting disini sehingga rencana dapat terealisasi dengan action yang tepat.

2. Pahami Kemampuan Finansial Yang Dapat Diperoleh

Financial planning terdiri dari beberapa rencana yang mampu memberikan dampak pada pengelolaan keuangan yang teratur. Untuk menentukan rencana tersebut hendaknya pahami terlebih dahulu bagaimana aktivitas keuangan seseorang baik dari segi pendapatan maupun pengeluaran. Kemampuan finansial yang dimiliki dapat diketahui dengan menghitung terlebih dahulu keseluruhan penghasilan yang dapat diperoleh.

TRENDING :  Cara Beli Saham Luar Negeri untuk Para Pemula

Perhitungan keseluruhan pendapatan memang penting tetapi aspek pengeluaran juga perlu diperhatikan di tahap ini. Pahami pula pengeluaran inti yang diperlukan setiap bulannya sehingga nantinya akan mudah menetapkan perencanaan yang tepat dan dapat berguna pada pengaturan keuangan yang dilakukan. Urutkan dalam bentuk list prioritas untuk mempermudah mengetahui pendapatan dan pengeluaran dalam mengelola pengaturan keuangan yang tepat.

3. Buat Perencanaan Pendapatan dan Pengeluaran di Masa Depan

Memiliki pengaturan pengeluaran yang dimiliki merupakan salah satu cara membuat financial planning yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Prinsip kehati-hatian disini sangatlah penting sehingga action yang dijalankan nantinya memberikan dampak yang baik dalam perencanaan keuangan. Pertimbangkan pula segala aspek pendapatan hingga pengeluaran berdasarkan list prioritas.

TRENDING :  4 Cara Mudah Cara Daftar Shopee Food, Berikut Syarat Nya

Dalam melakukan financial planning hendaknya mengutamakan skala prioritas terlebih dahulu dari sisi pengeluaran. Hindari sifat konsumtif berlebihan karena hal ini akan menghambat financial planning yang ditetapkan. Apabila sisi pengeluaran prioritas lebih besar dibandingkan pendapatan yang diperoleh maka opsi lainnya yang diperlukan adalah dengan meningkatkan sumber pendapatan. Adapun sumber pendapatan yang dapat dilakukan diantaranya seperti memulai usaha hingga melakukan investasi yang menguntungkan.

4. Pilih Produk Investasi dan Asuransi Yang Tepat

Investasi di zaman sekarang memang sangat trendy karena dapat memberikan banyak keuntungan dengan cara yang tidak sulit. Ada banyak produk investasi yang memberikan keuntungan kecil hingga besar dengan resiko yang sepadan pula. Pengguna dapat membuat keputusan mengenai investasi tersebut apakah dilakukan jangka pendek atau jangka panjang. Memilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhan juga akan sangat bermanfaat memberikan dampak yang baik di masa depan dalam mengelola pengaturan keuangan.

TRENDING :  Begini Cara Menghemat Uang Jajan Agar Bisa Ditabung

5. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Beberapa action yang dilakukan dalam sebuah financial planning hendaknya dilakukan evaluasi secara rutin setiap bulannya. Dengan melakukan evaluasi secara teratur nantinya akan mempermudah mengatasi hambatan yang dapat muncul dari action yang ditetapkan. Buat catatan pada bagian rencana yang perlu diperbaiki dan dipertahankan.

Itulah beberapa cara membuat financial planning paling efektif agar terhindar dari kesulitan masalah keuangan. Hal-hal seperti ini memang sangat mendasar namun akan sangat membantu sehingga nantinya akan dirasakan manfaat dari pengaturan keuangan yang tepat. Dengan adanya financial planning yang tepat diharapkan akan membantu seseorang agar terhindar kesulitan keuangan dan memiliki perencanaan keuangan yang bermanfaat untuk masa depan.

About Firma Wati

Check Also

cara mengatur keuangan pribadi remaja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

Remaja adalah masa dimana sedang suka-suka nya membeli barang yang diinginkan. Bagaimana tidak? Semakin pesatnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.