cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta perbulan
cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta perbulan

Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 Juta Perbulan Agar Kebutuhan Tercukupi

Apakah gaji satu juta cukup untuk memenuhi segala kebutuhan dalam sebulan? Pertanyaan itu mungkin kerap sekali muncul. Padahal jika tahu cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta perbulan, tentu tidak akan timbul permasalahan. Semua yang dibutuhkan pasti bisa tercukupi. Asal menerapkan cara-cara yang dipaparkan dalam penjelasan ini:

1. Menulis Kebutuhan Selama Satu Bulan

Cara pertama yang sangat praktis dilakukan adalah menulis semua barang yang diperlukan untuk satu bulan ke depan. Apa pun yang diperlukan, masukkan ke dalam list yang sudah dibuat. Jika merasa semuanya telah ditulis, lalu pilihlah barang yang memang benar-benar menjadi kebutuhan dan harus dibeli.

Selanjutnya, dari gaji satu juta yang didapatkan, bagilah sesuai keperluan yang telah didaftar. Lebih baik lagi memisahkannya dalam wadah atau dompet tertentu. Sehingga budget untuk barang satu dan lainnya tidak akan bercampur. Kalau sudah begini, sangat disarankan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak terdapat dalam list. Kecuali memang benar-benar mendesak.

2. Memisahkan Antara Kebutuhan dan Keinginan Sementara

Setelah berhasil mendaftar barang yang harus dibeli, lalu pisahkanlah antara yang menjadi kebutuhan atau hanyalah keinginan sementara. Dalam hal ini gunakanlah metode 30 hari. Caranya yaitu dengan menunda membeli barang tersebut selama satu bulan. Jika masih diperlukan, itu berarti termasuk dalam kebutuhan. Kalau tidak, maka itu hanya keinginan sesaat saja.

3. Menyesuaikan Jumlah Barang yang Dibeli dengan Budget

Cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan berikutnya yaitu menyesuaikan antara jumlah barang dan budget. Bisa dikatakan satu juta merupakan angka yang kecil. Tapi jika mampu mengelolanya, jumlah tersebut tergolong cukup. Kurangilah jumlah barang yang dibeli. Misalnya, kalau biasanya membeli pulsa Rp150 ribu, bisa dipangkas menjadi Rp100 ribu.

4. Mengefisienkan Pengeluaran

Supaya pengeluaran lebih efisien, sebaiknya temukan cara yang tepat dalam mengelola keuangan. Saat membeli barang-barang yang sudah di-list, carilah harga paling murah di antara beberapa toko. Atau kalau bisa, belilah barang tersebut ketika ada diskon. Lebih baik lagi, jika bisa mendapatkan semua barang tersebut dengan harga terjangkau untuk jumlah banyak.

5. Memiliki Tabungan Untuk Hal yang Tidak Terduga

Meskipun gaji yang diperoleh hanya satu juta, jangan lupa untuk membuat tabungan. Sisihkan sedikit dari gaji tersebut sebagai jaga-jaga jika ada sesuatu yang tidak terduga. Karena tidak pernah ada yang mengira kapan saat tersebut bisa datang. Seperti halnya sakit, ada keluarga yang meninggal, atau keperluan mendesak lainnya.

6. Menghindari Hal yang Membuat Dana Membengkak

Penting sekali untuk hidup hemat, apalagi dengan gaji satu juta setiap bulannya. Hindari membeli barang-barang di luar daftar jika tidak mendesak. Usahakan tidak tergoda oleh iming-iming potongan harga dari sebuah toko online. Selain itu, punyalah tekad yang kuat. Jangan menerima ajakan teman pergi bermain kalau itu terlalu sering.

7. Meningkatkan Pendapatan Tambahan

Setiap orang pasti ingin membeli setiap barang yang diinginkan, bukan hanya kebutuhan pokok saja. Tapi apakah dengan gaji satu juta itu semua bisa terpenuhi? Tidak ada yang mustahil, asal mau berusaha. Jika ingin mendapatkannya, maka lakukan kerja sampingan yang tidak mengganggu kegiatan. Atau yang lebih mudah dengan mencoba berjualan online.

Itulah cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta perbulan yang harus diperhatikan benar. Supaya dengan pendapatan di angka tersebut, semua kebutuhan bisa tercukupi. Saat mampu mengelolanya dengan baik, gaji berapapun pasti akan cukup. Asal bisa menerapkan hidup hemat dan tidak mudah terbujuk oleh iming-iming diskon atau ajakan teman.

Daftar Isi