Demo 'Jokowi End Game' Tak Terbukti, Polisi Buru Penyebar Seruan

Demo ‘Jokowi End Game’ Tak Terbukti, Polisi Buru Penyebar Seruan

Demo ‘Jokowi End Game’ Tak Terbukti, Polisi Buru Penyebar Seruan

Demonstrasi “Jokowi End Game” di kawasan Glodok-Istana Negara hari ini belum dikonfirmasi. Polda Metro Jaya memastikan situasi saat ini di Jakarta kondusif dan tidak ada massa yang turun ke jalan.

Yusri mengatakan tidak ada massa yang turun ke jalan karena seruan demo “Jokowi End Game”. Menurut laporan, situasi di tempat lain juga sangat aman. “Tidak ada. Kita lihat dengan mata kepala sendiri bahwa Jakarta hari ini menguntungkan. Tanpa (demo) aman,” kata Yusri.

Selain itu, Yusri meminta masyarakat tidak tersinggung dengan pesan-pesan prank yang menyerukan aksi unjuk rasa. Ia kembali mengingatkan penyebaran virus corona di Jakarta. “Dalam hal ini hanya imbauan. Orang tidak percaya. Selama pandemi COVID, sebaiknya tetap di rumah. Tidak perlu kerumunan. Jangan percaya selebaran yang beredar di media sosial, jangan percaya” Jangan berpartisipasi. Hari ini Jakarta lagi yang tertinggi (jumlah penularan corona),” katanya.

Polisi Antisipasi Massa

Seperti yang kita ketahui bersama, seruan untuk menolak demo PPKM “Jokowi End Game” memang ramai sehari sebelumnya. Poster tersebut menyebutkan seruan aksi hari ini terhadap PPKM di kawasan keraton.

Sejumlah persiapan pengamanan sudah dilakukan pihak kepolisian. Mulai pagi ini, polisi berjaga di titik-titik yang akan dilalui peserta operasi. Sebanyak 3.385 personel gabungan TNI-Polri juga siap mengamankan aksi unjuk rasa. Namun hingga sore ini, ajakan bertindak itu hanya fiksi belaka.

Hingga pukul 17.50 WIB, kawasan patung kuda di Jakarta Pusat terpantau kosong. Kondisi jalan masih memungkinkan pengendara untuk lewat. Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyuarakan seruan demonstrasi “Jokowi End Game”. Ia menekankan adanya “kelompok-kelompok najis” yang selalu memprovokasi serangan-serangan terhadap pemerintah.

“Ada kelompok murni dan ada kelompok tidak murni. Masalahnya mereka hanya ingin menentang dan memanfaatkan situasi,” kata Mahfoud dalam konferensi pers terkait situasi politik dan keamanan, yang disiarkan di saluran YouTube. , Badan Koordinasi Hukum dan Keamanan, Sabtu (24 Juli 2021) siang.

Tak Ada Aksi ‘Jokowi End Game’ di Sekitar Istana

Seruan demo “Jokowi End Game” untuk menolak penyebaran PPKM di media sosial. Polisi mengatakan bahwa panggilan untuk berdemonstrasi adalah penipuan dan akan memburu para pelakunya.

Direktur Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan tidak ada massa yang turun ke jalan akibat adanya telepon tersebut. “Sejauh ini belum ada tindakan sama sekali,” kata Kombes Yusri di Jakarta, Sabtu (24 Juli 2021) sore.

Sebelumnya, seseorang di media sosial menyerukan demo “Jokowi End Game”. Poster-poster yang beredar menyatakan bahwa aksi hari ini adalah long march dari Glodok menuju Istana Merdeka.

Pantauan detikcom, pada pukul 15.30 WIB siang tadi, terpantau lalu lintas di kawasan patung kuda di Jakarta Pusat sangat sepi. Hingga sore ini, belum terlihat kerumunan orang yang datang ke lokasi.

Arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Barat menuju Harmoni juga sudah dibuka, begitu pula sebaliknya menuju Thamrin. Kendaraan itu berlalu dengan mulus. Meski situasi terlihat sepi, masih ada beberapa personel keamanan di lokasi. Warga melihat aparat kepolisian dan TNI masih bersiaga di area berkuda.

TRENDING :  Tes kesehatan mental

Kawasan Glodok Landai

Begitu juga dengan pemantauan di kawasan Glodok Jakarta Barat. Dari pagi hingga sore ini, tidak ada operasi skala besar yang terjadi. Meski begitu, polisi memasang palang di perempatan Ketapang untuk menutup akses jalan menuju Glodok sebagai respon atas aksi unjuk rasa tersebut.

Jalan Gajah Mada dan Jalan Sukarjo Wiryopranoto dekat dengan Glodok. Sopir harus memutar. Dari waktu ke waktu, polisi membuka penghalang jalan untuk membiarkan truk dan ambulans lewat. Selain itu, petugas polisi diperbolehkan lewat.

Kondisi saat ini tidak ada kemacetan baik di Jalan Gajah Mada maupun Jalan Sukarjo Wiryopranoto. Banyak pengendara yang mencari jalur alternatif, seperti jalur tikus. Polisi juga menjaga gerbang Universitas Trisakti di Jakarta Barat. Namun, tidak banyak siswa yang turun.

Meski begitu, personel TNI-Polri masih berjaga di lokasi. Ada juga kendaraan taktis water cannon yang diparkir di bawah jembatan layang di depan Universitas Trisakti.

Penyebar Seruan Demo Akan Dicari

Polisi menyatakan banyak hoaks atau informasi palsu terkait aksi demo “Jokowi End Game” hari ini. Polisi akan melacak mereka yang menyebarkan rumor tersebut.

“Jadi banyak berita prank (tentang demo ‘Jokowi End Game’) yang beredar. Tapi kita tetap menantikannya,” Sabtu (24/7/2021).

Kata KunciDemo PPKM -Demo Ppkm Besok -Demo Ppkm Di Gajah Mada -Demo Ppkm Di Malang -Demo Ppkm Di Pasar Rebo -Demo Ppkm Hari Ini Di Jakarta -Demo Ppkm Indonesia -Demo Ppkm Jawa Bali-Demo Ppkm Perpanjangan -Demo Ppkm Tgl 24 Juli 2021 -Demo Ppkm Yogyakarta -Jokowi End Game -Jokowi End Game Poster -

About administrator

Check Also

Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Melalui Aplikasi

Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Melalui Aplikasi

Begini Cara Cek Nama Penerima Bansos Melalui Aplikasi Pencairan BLT BBM diinisiasi dan diterima oleh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *