Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google

Simak 5 Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google Tanpa Perlu Waktu Lama

Aktivitas yang harus dilakukan ketika mengganti HP baru adalah menyalin nomor yang dimiliki pada perangkat sebelumnya. Namun, pekerjaan ini tentu akan memakan waktu yang lama terlebih bila kontak jumlahnya puluhan hingga ratusan. Agar waktu lebih efisien, pengguna dapat menerapkan cara memindahkan kontak ke akun Google hanya dengan menerapkan beberapa langkah.

Smartphone baru pada umumnya tidak banyak memiliki aplikasi, bahkan kontak nomor pun masih kosong. Ketika kontak disimpan dengan menautkan akun Google, pengguna dapat menyalin seluruh nomor tersimpan bila sewaktu-waktu mengganti HP baru. Berikut cara yang dapat diterapkan untuk memindahkan kontak dari penyimpanan perangkat menuju ke akun Google yang dimiliki:

1. Buka Menu Pengaturan

Ketidaktahuan seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan pengguna menyimpan nomor baru tanpa mengetahui lokasi pastinya. Bisa jadi nomor kontak selama ini disimpan para kartu SIM maupun penyimpanan ponsel. Pada tahapan awal, pengguna dapat membuka aplikasi Kontak untuk melihat lokasi penyimpanan yang sering digunakan.

Klik pada ikon garis tiga yang terletak pada bagian atas, ini berfungsi untuk membuka Pengaturan Kontak. Pada bagian ini akan ditampilkan jumlah keseluruhan nomor yang tersimpan dilengkapi dengan beberapa opsi lanjutan yang dapat dipilih untuk mengatur letak penyimpanan nomor. Lanjutkan dengan memilih opsi Kelola Kontak dan tunggu hingga muncul perintah selanjutnya.

2. Lakukan Pengelolaan Kontak dengan Baik

Bagian Kelola Kontak berisi beberapa opsi yang dapat digunakan untuk mengatur lokasi penyimpanan nomor telepon. Diantaranya fitur menggabungkan kontak bila terdapat beberapa orang yang memiliki nomor HP lebih dari satu. Ada juga fitur impor dan ekspor kontak serta pilihan untuk memindahkan nomor. Klik pada Pindahkan Kontak sesuai tujuan semula.

3. Pindahkan Kontak ke Akun Google yang Tertaut Pada Perangkat

Tata cara memindahkan kontak ke akun Google dapat dilakukan dengan menjalankan tiga langkah. Pertama, pilih salah satu lokasi penyimpanan awal tempat nomor telepon disimpan. Misalnya dengan memilih penyimpanan telepon atau SIM. Kedua, lanjutkan dengan memilih nomor telepon yang akan diunggah. Bila akan memindahkan sekaligus, pengguna hanya perlu menandai seluruh kontak.

Ketiga, setelah semua kontak selesai ditandai pilih salah satu akun Google yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan nomor. Tahapan ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama, meskipun jumlah kontak yang dipindah sangat banyak. Pengguna hanya perlu menunggu beberapa detik saja hingga proses pemindahan selesai.

4. Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

Pada opsi Kelola Kontak, pastikan bila pengguna selalu mengaktifkan sinkronisasi otomatis. Terutama pada akun Google dan aplikasi chatting yang digunakan pada perangkat. Tujuannya agar kontak terus diperbarui bila ada nomor baru yang disimpan pada perangkat. Aktifkan sinkronisasi otomatis dengan menggulirkan tombol ke kanan.

5. Atur Lokasi Penyimpanan Default ke Akun Google

Pastikan bila setiap nomor baru yang dimasukkan langsung tersimpan pada akun Google. Dengan demikian, pengguna tidak perlu memindahkan kontak secara manual untuk kedua kalinya. Sebab, kontak telah tersimpan ke akun Google dengan sendirinya. Pengaturan ini akan membuat waktu lebih efisien dan menghindari adanya kontak yang hilang ketika mengganti HP baru.

Itulah penjelasan mengenai 5 cara memindahkan kontak ke akun Google sekaligus tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Pada tipe HP yang berbeda, ada kemungkinan letak menu Pengaturan tidak sama. Akan tetapi, pengguna dapat mempelajarinya lewat buku panduan smartphone. Pastikan mengaktifkan sinkronisasi otomatis agar setiap nomor baru yang disimpan langsung menuju akun Google.

 

TRENDING :  Indentifikasi 5 Penyebab WiFi IndiHome Lemot dan Cara Penanganannya