Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Indentifikasi 5 Penyebab WiFi IndiHome Lemot dan Cara Penanganannya

Indentifikasi 5 Penyebab WiFi IndiHome Lemot dan Cara Penanganannya

Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat pada dasarnya dapat diperoleh dengan memasang WiFi IndiHome. Meski memiliki internet unlimited, masalah kecepatan koneksi seringkali terjadi saat menggunakannya. Sehingga identifikasi terhadap penyebab WiFi IndiHome lemot perlu dilakukan agar dapat menuntaskan permasalahan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang sering terjadi beserta cara penanganannya:

1. Kerusakan Pada Perangkat

Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada perangkat WiFi yang digunakan, seperti kabel optik, router, hingga peralatan lain. Masalah ini juga menjadi penyebab utama terjadinya kendala ketika menggunakan jaringan internet. Untuk itu, pengguna perlu melakukan pengecekan secara berkala pada alat-alat yang digunakan. Gantilah perlengkapan yang baru agar tidak mengganggu aktivitas WiFi.

2. Pemakaian yang Melebihi Batas FUP

Ketika mendengar paket internet unlimited, tentu yang ada dalam bayangan adalah fasilitas akses internet tanpa batas. Meski demikian, pengguna juga harus memahami adanya batasan penggunaan wajar yang dikenal dengan istilah FUP. Kecepatan dalam menggunakan internet akan berkurang bahkan lemot bila pengguna telah melebihi batasan FUP yang berlaku.

Beberapa aktivitas yang menyebabkan pemakaian melebihi FUP diantaranya jumlah perangkat yang terhubung sangat banyak, aktivitas mendownload file berukuran besar, hingga streaming. Bila pemakaian internet dalam satu bulan terlalu besar, maka konektivitasnya akan berkurang. Adapun cara mengatasinya dapat dilakukan dengan melakukan upgrade paket internet yang digunakan.

Baca Juga : Informasi Lengkap Terkait KIP Kuliah 2021 untuk Mahasiswa

3. Perangkat yang Terhubung ke WiFi Terlalu Banyak

Sudah menjadi sesuatu yang umum bila semakin banyak pengguna WiFi maka kecepatan internet akan semakin menurun. Terlebih ketika ada salah satu perangkat yang digunakan untuk mendownload berkas yang berukuran besar, seperti video, musik, hingga aplikasi. Wajar saja bila perangkat lain mengalami penurunan kecepatan dalam mengakses internet.

Untuk mengatasinya, sebaiknya pengguna membatasi jumlah perangkat yang terhubung menggunakan WiFi IndiHome. Batasi pula jumlah download maupun streaming yang dilakukan. Bila perlu terapkan password baru agar jaringan WiFi tidak digunakan oleh orang lain. Ini akan mencegah terjadinya koneksi lambat ketika mengakses aplikasi yang membutuhkan internet.

4. Terjadinya Error Pada Router

Pengguna WiFi tentu memahami adanya router, peralatan ini berperan penting dalam memberikan rute terbaik ke perangkat yang digunakan. Sehingga akses internet dapat dijalankan dengan lancar. Meski demikian, ada kemungkinan alat ini mengalami gangguan jaringan yang menyebabkan koneksi menjadi lambat. Sehingga langkah penanganannya dapat dilakukan dengan melakukan restart.

Penyebab WiFi IndiHome lemot dikarenakan gangguan router dapat dilakukan dengan mematikan alat tersebut untuk sementara waktu. Kemudian nyalakan kembali seperti biasa, proses reboot ini tidak akan memakan waktu lama. Sekarang cobalah untuk menghubungkan perangkat dengan WiFi. Bila router sudah kembali bekerja normal, maka koneksi internet juga akan stabil.

Baca Juga : Teknologi Nano di Bidang Kesehatan dan di Bidang Pertanian

5. Penempatan Router yang Kurang Tepat

Pemasangan router pada satu bagian rumah seringkali tidak dapat menjangkau ruangan lain. Inilah sebabnya mengapa browsing atau streaming berjalan lambat ketika perangkat jauh dari router. Sehingga penempatan alat pemancar ini perlu diperhatikan agar dapat menjangkau seluruh ruangan rumah. Bila tidak memungkinkan, pengguna dapat menambahkan repeater.

Penempatan repeater dapat diletakkan pada bagian rumah yang tidak terjangkau oleh router. Alat ini akan membantu untuk menangkap jaringan yang diperoleh, dilanjutkan dengan memancarkannya kembali menggunakan sinyal yang lebih kuat. Dengan demikian, pengguna WiFi akan terbantu ketika mengakses internet meski berada pada ruangan yang jauh dari router.

Itulah pemahaman yang perlu ditekankan agar dapat mengidentifikasi penyebab WiFi IndiHome lemot ketika dijalankan untuk browsing. Permasalahan seperti ini memang kerap kali terjadi, dampaknya tentu dapat mengganggu pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet. Untuk itu, pastikan memilih WiFi dengan kecepatan akses yang baik, sesuaikan pilihan paket internet dengan kebutuhan yang diperlukan.

Daftar Isi