Hari Lahir Pancasila

Meresapi Makna Hari Lahir Pancasila bagi Generasi Muda

Meresapi Makna Hari Lahir Pancasila bagi Generasi Muda

Tanggal 1 Januari diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Hari ini menjadi momen bersejarah yang penting untuk dikenang di tanah air. Tak hanya sebatas kata atau sebutan, namun hari Pancasila menyimpan makna yang begitu dalam. Khususnya bagi generasi muda yang menjadi agent of change dan berperan sebagai harapan bagi negeri ini.

Perjalanan Pancasila

Ditetapkannya hari Pancasila dimulai karena pidato presiden Indonesia pertama yaitu Bapak Soekarno. Tepat pada tanggal 1 Juni 1945 silam beliau menyampaikan pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai. Pidato tersebut memuat konsep awal dari Pancasila yang kan menjadi dasar negara bagi Indonesia.

Lahirnya konsep Pancasila ini diawali oleh momen kalahnya Jepang pada perang Pasifik. Kekalahan tersebut membuat Jepang akhirnya memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia sebagai strategi merebut hati masyarakat. Janji tersebut diwujudkan dengan pembentukan lembaga Dokuritsu Junbi Cosakai yang akan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Lembaga yang dalam bahasa Indonesianya dikenal dengan nama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan tersebut menggelar sidang yang berjalan 5 hari. Sidang pertama diadakan tanggal 29 Mei 1945 tepatnya di Gedung Chuo Sangi In yang saat ini dikenal masyarakat sebagai Gedung Pancasila.

Lima Prinsip

Soekarno merumuskan konsep dasar Pancasila sebagai lima prinsip atau asas bernegara. Kelima sila tersebut terangkum sebagai berikut:

  • Kebangsaan
  • Internasionalisme atau perikemanusiaan
  • Demokrasi
  • Keadilan sosial
  • Ketuhanan yang Maha Esa

Penyempurnaan konsep lima prinsip negara ini kemudian digagas oleh panitia sembilan yang dibentuk oleh Dokuritsu Junbi Cosakai. Lewat pembahasan yang panjang dan melalui berbagai sidang, Pancasila kemudian resmi disahkan tepat pada tanggal 18 Agustus 1945. Sehari setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia memiliki prinsip dasar negara yang hingga detik ini terus menjadi panutan.

Pengamalan Pancasila bagi Generasi Muda

Hari lahir Pancasila seharusnya tak dilewatkan begitu saja tanpa makna apapun. Ini merupakan hari yang tepat untuk mengingat Pancasila sebagai asas berkehidupan dan bernegara. Prinsip-prinsip yang lahir dari Pancasila harus menjadi acuan terutama bagi generasi muda dalam menjalin hubungan sosial.

Perumusan Pancasila tidak dilakukan dalam waktu singkat. Dibutuhkan proses yang panjang hingga hadirlah lima prinsip yang saat ini harus dilestarikan sedini mungkin. Sangatlah penting bagi generasi muda untuk meluangkan waktu juga tenaga demi memahami prinsip Pancasila. Pengamalan prinsip-prinsip tersebut di setiap langkah juga harus terus dilakukan dan disebarluaskan.

Mulai dari toleransi beragama di tanah air hingga kesadaran untuk bergotong royong demi kemanusiaan. Generasi muda harus meresapi semua nilai yang dibawa Pancasila dan berusaha mengimplementasikannya di kehidupan nyata. Termasuk di dalamnya kesadaran untuk melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab serta berusaha mendapatkan hak yang harus diterima.

Pengamalan Pancasila di Tengah Teknologi

Kini teknologi berkembang semakin pesat. Arus pemanfaatan teknologi oleh generasi muda tak bisa dihindari. Agar tak mengarah ke hal-hal yang negatif, maka prinsip Pancasila tetap harus dipegang kuat. Justru pengamalan nilai-nilai Pancasila seharusnya jauh lebih mudah dilakukan berkat dukungan teknologi yang semakin canggih.

Diskusi lewat wadah online mengenai nilai-nilai Pancasila saat ini semakin banyak diwujudkan. Beruntung, banyak generasi muda yang sadar bahwa prinsip Pancasila harus terus dilestarikan dalam kehidupan sosial. Hal ini ditunjukkan lewat banyaknya gelaran diskusi online mengenai nilai-nilai Pancasila dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Mari bersama-sama kita lestarikan tradisi pengamalan dari lima prinsip negara ini.

 

TRENDING :  Sistem yang Digunakan Untuk Pencairan BLT Dana Desa Periode Mei 2021
Kata KunciHari Lahir Pancasila -Hari Lahir Pancasila 18 Agustus -Hari Lahir Pancasila 2021 -Hari Lahir Pancasila Adalah -Hari Lahir Pancasila Diperingati Tanggal-Hari Lahir Pancasila Libur -Hari Lahir Pancasila Pada Tanggal -Hari Lahir Pancasila Tahun -Hari Lahir Pancasila Tanggal -Hari Lahir Pancasila Tanggal Merah -Makna Hari Lahir Pancasila -