Konsep Toyota bZ4X menjadi SUV listrik pertama Toyota

Konsep Toyota bZ4X menjadi SUV listrik pertama Toyota

Konsep Toyota bZ4X menjadi SUV listrik pertama Toyota

Akhirnya Toyota mulai menunjukkan langkah spesifik dalam perang kendaraan listrik. Mereka memperkenalkan nama bZ (Beyond Zero) atas nama Shanghai International Auto Show sebagai jajaran kendaraan listrik masa depan (BEV). Model konsep bZ4X membuka jalannya sendiri, jadi salah satu dari tujuh anggota BEV bersiap untuk tiba sebelum 2025.

Mengurangi emisi karbon dioksida melalui teknologi elektrifikasi bukanlah hal baru bagi Toyota. Produsen mobil ternama asal Jepang ini merupakan salah satu pionir kendaraan hybrid skala besar Prius, dan Prius sudah ada sejak akhir 1990-an. Meski begitu, ketika sebagian besar peserta mulai mengembangkan kendaraan listrik, perkembangan kendaraan listrik belum begitu kuat.

Ya, dengan menampilkan seri bZ, pergerakan Toyota menuju era kendaraan listrik kini semakin penting. Ini bukan hanya konversi dari model tradisional. Perkembangannya lebih serius dari itu. Yang dapat dikonfirmasi adalah Anda dapat membawa platform BEV khusus yang fleksibel untuk menampilkan berbagai model dan ukuran. Meski begitu, Toyota tidak bergerak sendiri. Dengan merek lain, mereka bisa menggabungkan keahliannya melalui berbagai bentuk kerjasama. Ini termasuk BYD, Daihatsu, Subaru dan Suzuki.

Konsep Toyota bZ4X menjadi SUV listrik pertama Toyota

Toyota bZ4X secara jelas mewujudkan kerjasama semacam ini. SUV listrik berdasarkan platform e-TNGA yang dikembangkan oleh Toyota dan Subaru. Keahlian Toyota dalam mengembangkan teknologi elektrifikasi bersinergi dengan Subaru yang dikenal dengan performa luar biasa dalam penggerak empat roda. Mengklaim untuk mencapai kinerja yang nyaman dan menyenangkan.

Alhasil, lahirlah SUV dengan komposisi desain yang unik. Ini memiliki wheelbase panjang dan overhang pendek. Selain komposisi, sapuan kuas pada bodi juga sangat aneh. RAV4 menyatukan pengertian bahasa desain, terutama pada profil samping. Meski begitu, lekuk tubuhnya membuatnya lebih sibuk dan penuh dengan perasaan masa depan.

Baca Juga  Honda HR-V 2021 Mulai Dijual, berikut daftar harganya

Di file konfigurasi, Anda bisa melihat petunjuk desain RAV4 berupa jendela samping dan atap. Tak hanya itu, lekuk dan spatbor juga jadi berotot. Belum lagi penggunaan lapisan gloss hitam yang pekat, memancarkan skema warna two tone, tak hanya sebatas lipstik sepatbor. Detail lebih lanjut tentang futuristik dapat ditemukan. Misalnya, pada fasad depan, Anda tidak akan menemukan bukaan gril nyentrik yang penuh lekukan dan garis lurus. Digantikan oleh kamar tidur dengan sensor strip. Permukaannya lebih rata, tetapi ada banyak lekukan pada panel, serta lubang pemasukan udara di area apron dan sisinya berukuran kecil.

Interior kabin lebih futuristik. Sebuah “modul drive” dirancang untuk memberi pengemudi koneksi langsung antara jalan dan informasi mengemudi. Posisi dasbor begitu rendah sehingga tampilan luarnya tidak besar. Selain itu, Konsep bZ4X untuk pertama kalinya dilengkapi dengan bogie bergaya kokpit pesawat dan sistem kemudi yang dikendalikan oleh kabel. Perhatikan bahwa desain optimis ini adalah bagian dari konsepnya. Mungkin pengakuannya tidak begitu aneh.

Konsep Toyota bZ4X menjadi SUV listrik pertama Toyota

Belum ada spesifikasi detail untuk versi produksi dari konsep SUV elektrik Toyota ini. Namun, bisa dipastikan bahwa ia memiliki sistem penggerak empat roda yang disediakan oleh keahlian pengembangan Subaru selama puluhan tahun. Mengandalkan motor listrik di as roda depan dan belakang, ia memamerkan fungsi penggerak semua roda yang berbeda di segmen pasarnya. Dikatakan tidak hanya memiliki kemampuan off-road, tetapi juga memberikan rasa aman dan tidak khawatir di berbagai kondisi jalan raya.

Konsep bZ4X semakin mencerminkan karakteristik ramah lingkungan. Panel surya mendukung fungsi pengisian daya, sehingga dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Selain itu, meski di iklim dingin, persyaratan baterai untuk SUV listrik harus ketat, dengan tetap menjaga performa dan jarak tempuh jangka panjang. Hal ini tentunya berkat kepiawaian Toyota dalam mengembangkan teknologi baterai untuk kendaraan hybrid dan plug-in hybrid.

Baca Juga  Honda Hybrid: Mobil yang memberikan efisiensi bahan bakar terbaik

Ya, bZ4X baru hanya ada sebagai model konseptual. Rencananya baru akan diluncurkan pada pertengahan 2022 dan akan lahir di basis produksi di Jepang dan China. Berbagai penyesuaian desain dapat dilakukan sebelum versi produksi resmi dirilis. Anda juga bisa melihat seberapa besar spesifikasinya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *