Bantuan Program Indonesia Pintar

Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali Untuk Anak Sekolah, Simak Cara Daftar

Bantuan PIP 2021 Senilai Rp1 Juta Dibuka Kembali Untuk Anak Sekolah, Simak Cara Daftar

Program Indonesia Pintar (PIP) sebagai salah satunya kontribusi tunai pendidikan untuk tingkat SD, SMP dan SMA sederajat atau anak sekolah di umur 6 sampai 21 tahun.

Kemendikbud yang telah membuat bujet bantuannya sudah setuju dengan pemerintahan untuk jalankan kembali bantuan tunai pendidikan senila 1 juta rupiah lewat Program Indonesia Pintar (PIP). Adapun Langkah daftar program indonesia pandai (PIP) 2021 ini akan diterangkan di bawah ini.

Perlu beberapa orang-tua kenali jika melalui program ini pemerintahan ingin beberapa yang menerima kontribusi PIP 2021 lebih tertarget yakni anak sekolah umur 6 sampai 21 tahun atau tingkat pengajaran SD, SMP dan SMA Sederajat yang dari keluarga miskin, rawan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas dan keluarga korban musibah alam/bencana.

Disamping itu, Anak dari keluarga yang mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan untuk mendaftar anaknya sebagai yang menerima kontribusi tunai pendidikan senilai RP 1 juta rupiah lewat program indonesia pintar (PIP).

Tiap tingkatan pengajaran akan memperoleh dana kontribusi pengajaran / kontribusi PIP 2021 ini berbeda nilainya sesuai petuntuk penerapan PIP Kemendikbud tahun 2016. Untuk detil pembagiannya ialah seperti berikut :

  1. Anak sekolah tingkat SD/MI/Paket A memperoleh Rp450.000/tahun.
  2. Anak sekolah tingkat SMP/MTs/Paket B memperoleh Rp750.000/tahun.
  3. Anak sekolah tingkat SMA/SMK/MA/Paket C memperoleh Rp1.000.000/tahun.
  4. Langkah Daftar Kontribusi PIP 2021

Cara Daftar PIP 2021

Kartu Indonesia Pintar

Berikut ini ialah langkah daftar kontribusi tunai pengajaran dari pemerintahan lewat program indonesia pintar (PIP) 2021 persyaratan yang perlu disanggupi lebih dulu saat sebelum mendaftarkan program kontribusi ini :

  1. Siswa bisa mendaftarkan dengan bawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ke sekolah atau instansi pengajaran paling dekat.
  2. Jika pelajar itu tidak mempunyai KKS, orang tuanya bisa minta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Dusun lebih dulu supaya dapat lengkapi persyaratan registrasi.
  3. Jika telah mempunyai KKS atau SKTM, selekasnya kontak pihak sekolah atau instansi pengajaran paling dekat untuk lakukan registrasi.
  4. Nantinya, sekolah atau instansi pengajaran paling dekat akan menyarankan nama peserta didik menjadi calon yang menerima KIP ke Direktorat yang berkaitan.
  5. Peserta didik bisa juga ditemani orangtuanya untuk mengurusi membuat KIP,
TRENDING :  Kuota Internet Gratis 2021 Dari Kemendikbud Cair Lagi

 

Beberapa orang-tua bisa juga memastikan status anaknya sudahkah tercatat di bantuan tunai pendidikan Program indonesai pintar PIP 2021 melalui web pip.kemdikbud.go.id dan dihalaman khusus itu ada kolom  Penerima PIP. disana ada 3 kolom yang perlu diisi yakni NISN, tanggal, dan Nama Ibu Kandung. click cari untuk pastikan status data anak anda.

Persyaratan Daftar Bantuan PIP 2021

  • Pihak keluarga/orang-tua harus pastikan jika anaknya yang sekolah telah tercatat sebagai Peserta Program Indonesia Pintar harus telah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  • Penerima KIP harus tercatat sebagai peserta didik di instansi pengajaran resmi (SD, SMP, SMA/SMK) atau non resmi .
  • KIP harus tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) instansi pengajaran.

Setiap penerima bantuan PIP 2021 ini diharapkan dapat memakai dana kontribusi ini untuk kepentingan sekolah seperti beli peralatan belajar, uang belanja, ongkos transportasi dan yang lain.