Turki Berhasil Membuat Mobil Terbang Pertamanya dan Telah Di Uji Coba

Turki Berhasil Membuat Mobil Terbang Pertamanya dan Telah Di Uji Coba

Seperti di beberapa film Sci-Fi sekarang ini, Mobil terbang jadi tehnologi masa depan yang mulai ditingkatkan oleh beberapa negara berkembang, diantaranya ialah Turki.

Belakangan ini Turki lakukan uji-coba mobil terbang bikinan mereka dan sukses mengangkasa dalam tes terbang pertamanya. Mobil terbang bikinan Turki ini dinamakan Cezeri, yang mana dibuat dan ditingkatkan oleh beberapa orang lokal Turki sendiri tanpa terlibat negara lain.

Media lokal menyebutnya sebagai mobil terbang. Tetapi, penampilannya seperti sebuah quadcopter yang menyiapkan tempat duduk untuk satu orang. ‘Mobil terbang’ ini mempunyai kekuatan lepas landas dan landing secara vertikal.

Baca Juga :  Hyundai Santa Cruz, kabin ganda bergaya SUV modern

Sepanjang tes terbang belakangan ini, Cezeri diterbangkan beberapa kaki di atas tanah lewat remote control.

Direktur tehnis dibalik Bayker Makina yang sudah menghasilkan mobil terbang itu, Selçuk Bayraktar, ialah menantu Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan. Ia yakin jika diperlukan waktu 10-15 tahun saat sebelum Cezeri jadi alat angkutan umum di Turki. Sebelumnya terjadi, menurut dia akan dipakai untuk maksud piknik di perdesaan dalam 3-4 tahun.

“Sesudah mobil cerdas, revolusi tehnologi otomotif akan terjadi pada mobil terbang. Jadi dari pemikiran ini, kami sedang menyiapkan kompetisi hari esok, dibanding hari ini,” ucapnya dalam pengakuan yang dikutip AA.

Nama mobil terbang “Cezeri” ini di inspirasi oleh Ismail al-Jazari yang disebut seorang insinyur Muslim populer yang hidup di antara tahun 1136 dan 1206. Bayker Makina telah menghasilkan drone untuk angkatan membawa senjata dan non-bersenjata dan mekanisme kontrol, simulator, dan mekanisme avionik. Bayraktar sudah mengonfirmasi jika ada gagasan untuk lakukan penerbangan eksperimen dengan seorang pilot manusia. (sumber: oto.detik.com)

Baca Juga :  Sejarah mobil hybrid: evolusi untuk masa depan