Cara Mudah Instal Ulang Laptop

Cara Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri Bagi Pemula

Cara Mudah Instal Ulang Laptop Sendiri Bagi Pemula

Menginstal ulang dapat me-reboot kinerja laptop. Artinya laptop terkena malware atau virus. Terkadang kesalahan sistem juga mengharuskan Anda untuk menginstal ulang. Menginstal ulang laptop dapat dilakukan dengan sendirinya dan tidak perlu menggunakan layanan PC. Sebelum mencoba menginstal ulang laptop, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

Persiapan

Anda tidak dapat memuat ulang secara tidak sengaja untuk proses memuat ulang. Ada beberapa langkah yang harus diselesaikan sebelum Anda dapat menginstal ulang. Masalah seperti backup, registrasi nomor rekening dan juga persiapan driver.

Langkah pertama: Cadangkan file penting

Selama proses reload, semua file bisa terhapus, apalagi terhapus. Keputusan penginstalan yang baik melibatkan penghapusan semua file pada hard disk terlebih dahulu. Cadangkan file Anda terlebih dahulu untuk memastikan file Anda masih dapat diakses.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat salinan cadangan dokumen dan file. Anda dapat menggunakan flash drive USB atau hard drive eksternal. Cara lainnya adalah dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Anda dapat mengunggah semua file yang ingin Anda simpan ke media penyimpanan cloud dan mengunduhnya ke laptop Anda setelah instalasi selesai. Contoh media penyimpanan cloud adalah Google Drive.

Langkah Kedua: Simpan nomor akun

Program yang Anda instal di laptop Anda hampir memiliki nomor seri. Terutama pada program berbayar. Nomor seri ini berarti program kembali ke layanan setelah proses instalasi selesai.

Mungkin tidak perlu mencadangkan file program, tetapi nomor seri ini lebih masuk akal. Beberapa program dapat diunduh oleh penginstal, tetapi tanpa nomor seri, program tidak akan dapat diakses. Anda dapat menyimpan catatan atau menggunakan alat seperti Belarc Advisor untuk memastikan nomor akun Anda nyaman. Alat ini memindai semua program yang Anda gunakan di laptop dan mencatat semua nomor seri. Program ini adalah token gratis. Jadi cukup unduh, instal, dan gunakan.

Langkah 3: Mempersiapkan pengemudi

Jadi agar hardware laptop berfungsi dengan baik, driver pasti dibutuhkan. Fitur ini sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan di Windows 10 karena fitur tersebut langsung mengenali hardware dan menginstal drivernya. Namun, bagi Anda yang memiliki Windows 10 atau tidak memiliki akses internet yang mudah, ini wajib dicoba.

Untuk menemukan driver, Anda dapat mencari di Internet atau menyalin dari teman terlebih dahulu. Beberapa area layanan menyediakan layanan pemuatan driver. Mengunduh semua driver ini mungkin memerlukan waktu. Tapi sungguh, Anda tidak perlu khawatir laptop tidak berfungsi karena tidak ada drivernya.

Proses Reboot Laptop

Sekarang saatnya untuk mempelajari langkah-langkah dan metode untuk menginstal ulang laptop Anda setelah semua persiapan. Sebenarnya ada 2 kemungkinan pilihan. Metode pertama adalah mengatur laptop ke keadaan baru. Opsi ini hanya tersedia di Windows 10 Fitur ini menghapus semua file di laptop kecuali yang termasuk dalam pengaturan pabrik.

Opsi kedua adalah melakukan pemformatan manual. Ini sedikit lebih rumit daripada opsi pertama, tetapi menghapus file pasti bersih. Pikirkan baik-baik setiap opsi untuk menghindari kesalahan.

Opsi 1 Instal ulang laptop dengan memulai ulang ke kondisi baru

Jadi pertimbangkan langkah-langkah berikut untuk memulai prosesnya

  • Buka menu “Mulai” dan klik ikon roda gigi. Anda kemudian harus masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Dalam menu ini “Pembaruan & amp; Keamanan ”
  • Klik teks “Pemulihan” di menu ini.
  • Setelah mengklik, itu akan memberi Anda opsi seperti “Mulai ulang komputer ini” dan “Mulai ulang”.
  • Klik tombol “Restart” pada “Restart komputer ini.”
  • Jendela opsional akan muncul untuk melakukan reset bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows dan melindungi file pribadi. Untuk opsi kedua, file yang dihapus adalah program, aplikasi, dan file terkait. Jadi, dokumen, gambar, dan video pribadi Anda selalu nyaman.
  • Klik salah satu yang ingin Anda instal lagi. Instruksi dari Windows muncul dan Anda hanya perlu mendengarkannya.
  • Menyetel ulang ke “Negara Baru” umumnya membutuhkan waktu lebih lama tergantung pada ukuran file yang akan dihapus. Setelah proses selesai, laptop akan dikembalikan ke keadaan semula saat Anda membeli dan membukanya.
TRENDING :  , , dan telah dibuat sesuai permintaan.

Opsi 2 Muat ulang format manual

Cara ini umumnya sangat berguna untuk melakukan reload laptop. Cara ini tidak hanya dapat menghapus sistem operasi tetapi juga Windows 10, tidak hanya malware dan virus. Meninggalkan file membuat penyebaran malware belasan kali.

Anda harus memiliki file Installer Windows 10 dalam bentuk disk atau CD dengan serial number sebelum dapat memulai proses ini. Jika demikian, sekarang saatnya untuk membersihkan file! Proses pembersihan ini paling baik jika Anda menggunakan program pembersihan seperti DBAN. DBAN (Darik Boot And Nuke) adalah program yang membersihkan semua file Anda dari hard disk sepenuhnya. Anda dapat dengan mudah mengunduhnya secara gratis dan membakar file ini ke CD.

Saat Anda siap, masukkan CD ke dalam laptop dan luncurkan. Untuk melakukan proses boot, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Mulai ulang laptop. Klik Esc, F1, F2, F8 atau F10 di tengah proses booting. Tombol ini tergantung pada jenis laptop Anda.
  • Opsi muncul dan pilihan masuk ke “Konfigurasi BIOS”.
  • Buka “tab Boot” di menu BIOS.
  • Buat sorotan boot di opsi CD-drive
  • Simpan dan keluar.
  • Sekarang proses boot membaca CD DBAN dan dapat digunakan untuk menghapus file di laptop. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut
  • Klik Enter untuk membuka DBAN
  • Ketika menu DBAN muncul, klik di atasnya[J] demikian juga[K] Untuk memilih drive yang ingin Anda hapus.
  • Pemilihan driver dengan menekan Spasi pada keyboard
  • Setelah semuanya dipilih, tekan F10 untuk memulai proses penghapusan.
  • Selama proses berlangsung, Anda tidak dapat menghentikannya. Juga, pastikan laptop terisi penuh selama operasi karena prosesnya mungkin memakan waktu lama untuk mencegah baterai mati.
  • Laptop Anda sekarang kosong setelah proses selesai. Sekarang saatnya untuk menginstal ulang laptop dengan file Windows yang dibuat sebelumnya. Lakukan caranya, simak langkah-langkah berikut ini
  • Masukkan CD Windows yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Laptop perlu mengenali CD ini dan berfungsi untuk boot CD.
  • Langkah-langkah penginstalan Windows ditampilkan dan Anda dapat melewati petunjuknya.
  • Anda akan sering diminta untuk menulis serial number untuk Windows pada langkah terakhir sebelum Anda menginstalnya. Masukkan nomor akun dan proses instalasi akan berhasil.

Tunggu proses instalasi selesai dan laptop Anda didesain ulang sepenuhnya. Kami harap posting ini membantu Anda menginstal ulang laptop sendiri. bagus untukmu!

About administrator

Check Also

Cara Hosting Web Sendiri: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Hosting Web Sendiri: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Hosting Web Sendiri: Mengelola Dunia Digital Anda dengan Lebih Mandiri! Apakah Anda ingin memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *