cara menjual tanah dengan cepat

Cara Menjual Tanah dengan Cepat Melalui Bank

Banyak orang yang belum mengetahui ada cara menjual tanah dengan cepat memanfaatkan fasilitas layanan dari Bank. Namun di sini bukan berarti pemilik tanah menjual tanah ke bank dan bank menjadi pihak yang membeli. Pada penjualan tanah dengan menggunakan pihak bank, bank hanya berperan sebagai perantara saja.

Nantinya pihak bank akan membantu pemilik tanah dalam mencari pembeli yang berminat. Selain itu bank juga akan menjadi perantara dan menyediakan fasilitas pembayaran antara pembeli dan pemilik tanah.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan pemilik tanah jika ingin menjual tanahnya dengan pihak bank. Berikut ini adalah penjelasan dan hal-hal yang harus disiapkan:

1. Menyiapkan Syarat-Syarat Dokumen

Sebelum mengajukan bantuan untuk menjualkan tanah pada Bank. Pemilik tanah harus menyiapkan beberapa dokumen untuk proses verifikasi pihak Bank. Dokumen yang dibutuhkan antara lain fotokopi dari kartu identitas seperti KTP maupun SIM. Pemilik tanah juga harus memiliki nomor pokok wajib pajak yang dibuktikan dengan kartu NPWP.

Jika pemilik tanah sudah menikah maka disertakan pula fotokopi dari surat nikah. Terakhir yang harus disiapkan adalah sertifikat. Baik sertifikat hak milik tanah, sertifikat hak guna bangunan, akta notaris dan data sejenisnya. Data tersebut harus bisa membuktikan kepemilikan dari tanah yang akan dijual.

TRENDING :  5 Aplikasi Pinjaman Online Resmi yang Sudah Diawasi OJK

2. Mengajukan Penjualan Tanah ke Pihak Bank

Setelah syarat dokumen sudah lengkap, baru pemilik tanah bisa datang ke kantor bank yang dituju dengan membawa syarat dokumen tersebut. Biasanya pemilik tanah akan diarahkan oleh teller ke kantor Bank secara langsung untuk berbicara pada divisi khusus. Pada setiap bank divisi yang mengurus penjualan properti ini bisa berbeda-beda.

Jadi ini sangat tergantung dengan bank yang diajak kerja sama. Jika bisa pilihlah bank yang memang pemilik tanah sudah menjadi nasabah di sana. Hal ini bisa mempermudah proses verifikasi dan proses pencairan dana jika tanah sudah laku dijual.

3. Menunggu Bank Memverifikasi Dokumen

Cara menjual tanah dengan cepat melalui Bank selanjutnya adalah menunggu verifikasi dari pihak Bank. Semua syarat dokumen yang sudah disiapkan akan diserahkan kepada pihak bank untuk dilakukan verifikasi. Biasanya verifikasi dokumen ini membuktikan waktu selama beberapa hari. Tergantung kebijakan proses verifikasi dari pihak Bank.

TRENDING :  Cara Menghemat Uang Belanja Dapur, Biar Hemat Tetap Cermat

Ada kemungkinan pemilik tanah diminta untuk memberikan dokumen dalam versi asli daripada fotokopi. Untuk mempercepat dan memastikan proses verifikasi ini.

4. Menunggu Pihak Bank Melakukan Survey ke Lokasi Tanah

Selain verifikasi, pihak bank juga akan melakukan survei secara langsung ke lokasi tanah yang akan dibantu. Oleh karena itu pemilik tanah harus memastikan jika tanahnya dalam kondisi baik dan bersih. Hal ini akan meningkatkan daya jual dari tanah tersebut, sehingga membuat bank tidak ragu untuk menerima tanah tersebut dalam programnya. Pihak bank juga akan mengambil beberapa foto yang akan digunakan sebagai bahan penawaran pada calon pembeli.

5. Menunggu Pihak Bank Menyetujui Memberi Bantuan  Untuk Menjualkan Tanah

Setelah verifikasi dokumen dan survei dilakukan bank akan memberikan surat persetujuan untuk perbantuan penjualan tanah. Jika sudah disetujui pemilik tanah bisa merasa santai, karena penjualan tanah dengan bantuan bank akan relatif cepat.

TRENDING :  Investasi yang Populer di Indonesia

Banyak orang yang tertarik membeli tanah melalui bank karena ada program angsuran KPR yang serupa dengan KPR. Banyaknya peminat membuat kesempatan tanah terjual semakin besar.

Itulah cara menjual tanah dengan cepat memanfaatkan bantuan dari Bank. Jika pemilik tanah menjual tanah dengan bantuan bank. Pemilik tanah tidak perlu repot lagi mempromosikan tanah dan sudah memiliki sarana terpercaya dalam proses pembayarannya juga.

 

Kata Kuncimenjual tanah ke bank-cara jual tanah ke bank-cara bekerja sama dengan bank untuk jual tanah-cara hubungi bank untuk jual tanah-jual tanah ke bank-Pengalaman jual tanah ke bank-

About Firma Wati

Check Also

Tujuan Investasi

Tujuan Investasi Bagi Investor Dan Tipsnya

Tujuan Investasi Tujuan Investasi – Edukasi mеngеnаі investasi mаkіn menjamur selama bеbеrара tаhun tеrаkhіr dі …

Leave a Reply

Your email address will not be published.