cara mengatur keuangan pribadi remaja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

Remaja adalah masa dimana sedang suka-suka nya membeli barang yang diinginkan. Bagaimana tidak? Semakin pesatnya teknologi, kemajuan cara berbelanja pun semakin mudah. Hanya dengan melihat di HP dan barang akan diantar oleh kurir. Oleh karena itu, perlu sekali yang namanya bagaimana cara mengatur keuangan pribadi remaja yang mudah dilakukan dari sekarang. Berikut penjelasannya :

1.Catatlah Seluruh Kebutuhan Prioritas

Pertama, yang paling dilakukan dalam me-manage keuangan umumnya adalah mencatat seluruh kebutuhan prioritas. Menuliskan setiap kebutuhan ini sangat diwajibkan, terutama bagi remaja.

Walaupun ada beberapa hal dari barang ditanggung orang tua, namun nyatanya masih banyak kebutuhan pribadi yang  harus ditentukan oleh diri sendiri. Pastikan semuanya tercatat supaya tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

2. Catat Tiap Pengeluaran

Cara mengatur keuangan pribadi remaja yang selanjutnya adalah catat tiap pengeluaran. Hal ini dilakukan dengan tujuan membandingkan pengeluaran yang keluar di bulan sebelum nya ataupun bulan berikutnya.

TRENDING :  Cara Menabung Untuk Menikah dengan Gaji 1 Juta, Yuk Terapkan!

Pencatatan pengeluaran juga bisa digunakan untuk mengukur apakah sudah memakai uang dengan baik atau malah sebaliknya. Agar lebih mudah melakukan kontrol pengeluaran, remaja bisa menyimpan seluruh nota ataupun itu struk di tiap-tiap pembelian apapun. Jadi, pengeluaran bisa dicatat dengan mudah.

3. Buatlah Anggaran Pada Tiap Kebutuhan

Membuat anggaran di setiap kebutuhan merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi remaja. Pasalnya apabila sebelumnya sudah mencatat semua pengeluaran, maka pasti menentukan berapa saja nilai dari anggaran yang harus dikeluarkan.

Contohnya bisa dengan membuat 50% dalam kebutuhan prioritas, 30% masukan dalam tabungan ataupun untuk dana lainnya dan selanjutnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Bedanya dalam anggaran ini semua remaja akan tahu uang diberikan orang tuanya akan cukup atau tidak.

Apabila ternyata memang tidak cukup, maka harus memutar otak lagi bagaimana caranya uang tersebut harus cukup ya. Ingat jangan selalu dibiasakan untuk meminta uang karena itu tidak baik.

TRENDING :  Cara Daftar OVO PayLater Tokopedia Terbaru 2021 Tanpa Ribet

4. Selalu Hemat Dan Jangan Boros

Agar keuangan lebih teratur dan rapi, penghematan harus dilakukan. Cara ini adalah cara yang mungkin sulit diterapkan, akan tetapi jika sudah diniatkan dari hati maka lambat laun akan terbiasa. Berhemat ini seharusnya sudah harus mulai dari kecil dan sampai saatnya tuanya nanti nyatanya hemat itu juga perlu.

Mengapa demikian? Karena berlebihan atau hidup boros itu tidaklah baik untuk keuangan dan diri sendiri. Selain itu hemat juga memiliki arti yang luas. Dimana jika prinsip hemat sudah diterapkan dalam diri, maka diri akan berkata tidak akan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Contoh berhemat dalam makanan yaitu memasak makanan untuk sendiri di rumah.

5. Belilah Barang Yang Berkualitas Dan Juga Awet

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan adalah beli barang yang berkualitas dan awet. Dengan membeli barang yang berkualitas, maka barang tersebut akan lebih tahan lama atau awet, sehingga tidak perlu bolak-balik membeli barang yang sama. Membeli barang yang murah dengan kualitas ketahanan tidak lama, justru malah lebih menghabiskan dana, sehingga terkesan boros.

TRENDING :  Perbedaan Menabung dan Investasi dari Lima Segi

Itulah 5 cara mengatur keuangan pribadi remaja yang mudah dilakukan. Hal ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Niat menjadi langkah awal yang harus dilakukan agar semua perencanaan keuangan bisa berjalan dengan lancar. Dengan adanya niat, godaan untuk boros pun bisa ditekan dengan baik.

 

About Firma Wati

Check Also

cara menghitung dana pesiun karyawan swasta

Cara Menghitung Dana Pensiun Karyawan Swasta Sesuai Peraturan

Tidak selamanya seseorang akan bekerja pada suatu perusahaan. Di masa mendatang, ada waktunya seorang pekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published.