cara mencairkan tabungan emas pegadaian
cara mencairkan tabungan emas pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya

Mungkin masih ada nasabah yang belum paham, sebenarnya bagaimana cara mencairkan tabungan emas pegadaian itu? Padahal langkahnya sangat mudah dan tidak ribet. Pada artikel ini akan diberikan penjelasannya secara rinci supaya tidak lagi bingung. Karena saat ini semakin banyak orang-orang yang menginvestasikan uangnya dengan menggunakan instrumen berupa emas.

Langkah-Langkah Mencairkan Tabungan Emas

Pegadaian bukan hanya melayani proses penggadaian barang-barang berharga menjadi bentuk uang, tapi juga tabungan berbentuk emas. Jika sewaktu-waktu nasabah ingin mengambil tabungan tersebut, bisa memilih satu dari dua cara. Untuk lebih mudahnya, simaklah langkah-langkah mencairkan tabungan emas di pegadaian berikut ini:

1. Menjualnya Kembali ke Pegadaian

Cara pertama yang mungkin dilakukan yaitu menjual kembali emas yang ditabung tersebut kepada pihak pegadaian. Langkah ini tergolong mudah dan cepat. Selain itu, nasabah tidak perlu kerepotan untuk mendapatkan keuntungan dari tabungan itu. Pihak pegadaian akan memberikan panduan yang mudah dimengerti agar emas bisa dicairkan.

TRENDING :  Cara Menghitung Pendapatan Kotor dan Informasi Lainnya

Nasabah hanya perlu datang ke outlet pegadaian yang digunakan saat pertama kali menabung. Lalu mengatakan kalau tabungan emas dicairkan dengan cara menjualnya kembali. Jangan khawatir! Harga yang diberikan nanti sama dengan yang beredar di pasaran. Tapi syarat mencarikan dengan cara ini adalah minimal saldo yang ada senilai emas 1 gram.

2. Mencetaknya Menjadi Emas Fisik

Selain menjualnya ke pihak pegadaian, ada cara mencairkan tabungan emas pegadaian lainnya yang bisa dicoba. Yaitu mengubah tabungan tersebut menjadi emas fisik. Langkah-langkah yang harus ditempuh tidaklah sulit. Cukup datangi outlet pegadaian, lalu utarakan maksud tersebut untuk memperoleh panduan. Atau bisa mendaftar melalui Pegadaian Digital.

Selanjutnya nasabah akan dikenakan biaya yang digunakan untuk proses pencetakan emas fisik. Bisa dicetak menjadi emas batangan atau perhiasan. Biaya tersebut disesuaikan dengan berat dari emas yang akan dicetak, mulai dari 1 gram sampai 100 gram. Nasabah akan memperoleh sertifikat sebagai bukti validasi. Setelah jadi, emas tersebut akan langsung dikirim.

TRENDING :  5 Ujian Keuangan Sebelum Menikah, Hati-Hati Sebelum Melanjutkan

Keuntungan Memiliki Tabungan Emas

Sebagian besar orang mungkin berpikir kalau mempunyai tabungan emas tidaklah sepenting menabung uang di bank atau menanam saham. Padahal kenyataannya, ada keuntungan lebih yang akan diperoleh jika menabung emas di pegadaian. Berikut ini keuntungan-keuntungan tersebut:

1. Emas Memiliki Harga yang Stabil

Emas bisa dikatakan sebagai instrumen investasi yang paling menjanjikan. Perbedaan terbesar dari melakukan investasi berupa emas dan saham adalah angka fluktuasi. Harga emas yang beredar di pasaran cenderung stabil dan tidak mengalami naik turun yang ekstrim. Berbeda dengan saham yang sering sekali mengalami fluktuasi tinggi.

2. Lebih Aman dan Ilegal

Keuntungan lain jika memiliki tabungan emas di pegadaian yaitu keamanan juga legalitasnya. Hal ini sudah terbukti karena pegadaian telah beroperasi sejak tahun 1901. Dan sekarang pun telah termasuk dalam BUMN. Lain hal jika menabung atau menanam modal di badan yang belum terdaftar di OJK. Pasti rawan dengan penipuan.

TRENDING :  Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan dari Gaji yang Pas-pasan

3. Mudah Dicairkan

Sesuai yang telah dijelaskan, proses pencairan tabungan emas ini sangatlah mudah. Bisa menjualnya kembali atau mencetak dalam bentuk fisik. Pihak pegadaian akan memberikan panduan yang mudah dipahami oleh para nasabah. Atau lebih mudah lagi dengan melakukan pendaftaran melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Demikian penjelasan rinci mengenai dua cara mencairkan tabungan emas pegadaian dengan praktis dan cepat. Sudah diberikan pula keuntungan yang akan diperoleh jika menjadikan emas sebagai salah satu instrumen investasi saat ini. Tunggu apalagi? Segera manfaatkan uang untuk menabung emas di pegadaian.

About Firma Wati

Check Also

cara mengatur keuangan pribadi remaja

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

Remaja adalah masa dimana sedang suka-suka nya membeli barang yang diinginkan. Bagaimana tidak? Semakin pesatnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.