tips menabung untuk bangun rumah
tips menabung untuk bangun rumah

5 Tips Menabung Untuk Bangun Rumah, Efektif agar Tidak Terganggu

Membangun rumah sendiri adalah impian banyak orang merupakan salah satu tujuan orang untuk mencapai kemapanan finansial. Namun tidak jarang proses menabung untuk membangun rumah terhambat karena keperluan lain. Berikut ini beberapa tips menabung untuk bangun rumah yang bisa diterapkan agar uang tabungan tidak terganggu.

Tidak hanya bisa mengumpulkan uang banyak dalam relatif singkat guna membangun rumah, tips-tips di bawah ini juga akan membantu agar proses menabung tidak terganggu. Mengumpulkan uang untuk membangun rumah bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, apalagi jika diiringi dengan perencanaan yang matang dan konsistensi dari calon pemilik rumah. Maka, impian membangun rumah pasti bisa terkabul dengan tips di bawah ini:

1. Melakukan Investasi Khusus Bangun Rumah

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan investasi untuk menyisihkan dana membangun rumah. Jika dibandingkan dengan menabung secara biasa di rekening. Melakukan investasi seperti membeli reksa dana atau emas terbilang akan lebih menguntungkan. Karena nilai reksa dana dan emas bisa mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya waktu.

TRENDING :  Cara mendapatkan promosi situs web gratis

Peningkatan harga ini bisa dimanfaatkan untuk menutupi biaya kenaikan harga atau inflasi yang bisa terjadi pada tahun selanjutnya. Selain itu instrumen investasi lebih sulit untuk dicairkan menjadi uang tunai. Jadi dibandingkan dengan mengumpulkan uang dalam bentuk tabungan. Bentuk investasi ini akan mencegah calon pemilik rumah mudah tergoda untuk menggunakan uang.

2. Mengurangi Pengeluaran Untuk Gaya Hidup

Tips menabung untuk bangun rumah selanjutnya adalah mengurangi pengeluaran untuk gaya hidup. Gaya hidup berbeda dengan kebutuhan hidup, biasa gaya hidup malah menelan biaya yang lebih banyak daripada kebutuhan hidup. Seperti kebutuhan untuk belanja barang baru, jalan-jalan ke mall, atau makan ke restoran.

Lebih baik kurangi dulu pengeluaran untuk membiayai gaya hidup dan fokuskan saja pengeluaran untuk kebutuhan hidup. Biaya yang dikeluarkan untuk gaya hidup bisa ditambahkan pada investasi untuk membangun rumah.

TRENDING :  Cara aman menggunakan kartu kredit untuk belanja online, agar terhindar dari kejahatan

3. Sisihkan Bonus yang Didapatkan

Biasanya seseorang yang bekerja akan mendapatkan bonus setiap tahun seperti pada saat hari raya mendapatkan THR dan sebagainya. Ini adalah momen yang tepat untuk menabung dengan jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Jangan kepikiran untuk membeli barang yang macam-macam dulu dengan uang bonus.

Pastikan uang bonus sebagian besar sudah disisipkan pada investasi untuk membangun rumah. Hal ini untuk mencegah uang bonus habis hanya untuk kebutuhan hura-hura dan beli barang baru saat liburan.

4. Kumpulkan Uang Receh

Walaupun berupa pecahan uang tetaplah uang, tetap bisa digunakan dalam bertransaksi. Jika calon pemilik rumah sedang bertransaksi dengan uang tunai kemudian mendapatkan kembalian receh. Pastikan untuk mengumpulkan recehan tersebut dalam satu wadah.

Lama kelamaan uang receh itu bisa terkumpul menjadi sangat banyak. Jika sudah terkumpul uang receh itu bisa dipakai untuk menambah biaya untuk kebutuhan. Sedangkan gaji yang disisihkan untuk tabungan membangun rumah bisa semakin banyak jumlahnya.

TRENDING :  Daftar Fitur Terbaru Windows 11 Menarik untuk Dicoba!

5. Mencari Momen yang Tepat

Momen juga merupakan hal yang krusial dalam membangun rumah. Karena biaya yang diperlukan untuk membangun rumah sangat besar. Pastikan tidak ada pengeluaran besar lagi yang perlu dilakukan selain membangun rumah. Hal ini agar dana yang dimiliki bisa difokuskan untuk membangun rumah saja dan tidak terbagi dengan yang lain.

Itulah 5 tips menabung untuk bangun rumah walaupun terkesan sederhana. Jika dilakukan secara konsisten, tips di atas bisa menjadi tips yang efektif untuk mengumpulkan uang. Selain itu karena sangat fokus, pengumpulan uang untuk bangun rumah jadi tidak terganggu.

About Firma Wati

Check Also

Cara mengatasi kegagalan pada hard Disk dan pemulihan data

Cara mengatasi kegagalan pada hard Disk dan pemulihan data Hard disk adalah perangkat penyimpanan data …

Leave a Reply

Your email address will not be published.