cara melunasi hutang online
cara melunasi hutang online

Cara Melunasi Hutang Online Agar Tidak Terlilit Hutang dan Cepat Lunas

Prosedur hutang online yang sekarang semakin mudah dan cepat membuat banyak orang tertarik untuk mengajukan pinjaman. Tanpa sadar membuat penggunanya terjerat akhirnya malah jadi terlilit hutang. Namun sebenarnya ada cara melunasi hutang online yang bisa dilakukan tanpa perlu sampai hutang menjadi terlalu melilit.

Mengajukan pinjaman berarti peminjam harus berusaha dan bertanggung jawab untuk melunasinya. Membiarkan hutang menumpuk apalagi hutang online yang biasanya memiliki biaya pinjaman tinggi. Hanya akan memperparah kondisi dan melemahkan kondisi finansial peminjam. Oleh karena itu sebelum kondisi hutang online semakin parah, cara-cara di bawah ini bisa diterapkan agar hutang online segera terselesaikan dan tidak terlilit lagi:

1. Buat Daftar Hutang Online yang Dipinjam

Karena aplikasi peminjaman online ini sangat marak tidak jarang peminjam tidak hanya menggunakan satu aplikasi saja. Namun beberapa aplikasi pinjaman online sekaligus. Jika begitu, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuat daftarnya.

Urutkan hutang online yang menjadi tanggung jawab peminjam mulai dari hutang dengan bunga besar. Selain bunga besar bisa diurutkan pula dari tenor atau masa pembayaran yang paling singkat. Hal ini agar peminjam bisa melihat mana hutang yang lebih urgent.

TRENDING :  Alat riset keyword terbaik dan terunik

2. Prioritaskan Hutang di Urutan Pertama

Setelah daftar dibuat, peminjam akan mengetahui hutang mana yang lebih baik dilunasi terlebih dahulu agar tidak menambah masalah. Prioritaskan pembayaran pada hutang yang memiliki bunga paling besar dengan masa pelunasan yang paling singkat.

Setidaknya jika hutang yang paling merepotkan ini lunas. Peminjam bisa lebih fokus untuk menyelesaikan hutang dengan bunga yang lebih kecil dan masa bayar lebih lama. Selain itu, peminjam juga tidak perlu khawatir lagi dengan bunga atau denda yang bisa membengkak.

4. Sisihkan Uang dari Penghasilan yang Ada

Cara melunasi hutang online selanjutnya adalah mengumpulkan uang untuk pembayaran. Cara pertama untuk mengumpulkan uang ini bisa dengan menyisihkan penghasilan. Walaupun sedikit sisihkan penghasilan khusus untuk membayar hutang. Walaupun kecil, setidaknya uang ini bisa menyelesaikan hutang yang skalanya lebih kecil di dalam daftar.

TRENDING :  Cara menjadi ahli video game

5. Meminjam uang Tanpa Bunga

Peminjam juga bisa mendapatkan uang dari meminjam uang lagi. Namun kali ini jangan manfaatkan pinjaman online. Cari pinjaman tanpa bunga seperti meminjam uang pada keluarga, atau saudara, bisa juga teman.

Pinjaman ini didasarkan atas kepercayaan, karena itu sebagai peminjam jangan merusak kepercayaan ini. Begitu hutang online sudah dilunasi, peminjam bisa mengganti pinjaman ini. Namun setidaknya pinjaman kali ini lebih ringan karena tanpa bunga dan tanpa denda.

6. Menjual Aset yang Dimiliki

Jika masih ada aset yang dimiliki oleh peminjam, lebih baik aset tersebut dijual agar mendapatkan uang yang cukup untuk menutup hutang secara sekaligus. Terutama hutang yang berada di urutan pertama dalam daftar. Memang sayang menjual aset yang dimiliki, namun ini sudah menjadi resiko jika berhutang. Apalagi hutang online dengan bunga besar, pembayaran juga bisa digabungkan dengan sisa tabungan yang dimiliki.

TRENDING :  PlayStation 5 Reviews

7. Jangan Menambah Hutang Lagi

Terakhir dan yang terpenting adalah jangan menambah hutang online lagi selama dalam masa penyelesaian hutang ini. Hindari mendownload aplikasi-aplikasi pinjaman online dan tawaran pinjaman yang mungkin berbunga besar lainnya. Jika hutang online sudah lunas pun, jangan mengulangi lagi kesalahan dengan meminjam secara online. Belajarlah dari pengalaman sebelumnya agar tidak terlilit hutang.

Itulah cara melunasi hutang online agar tidak terlilit. Hutang sebenarnya bukan suatu hal yang salah untuk dilakukan. Namun perlu dipertimbangkan lagi daya bayar peminjam sebelum benar-benar mengambil pinjaman.

About Firma Wati

Check Also

Robot Pembantu Petani

Robot AI Pembantu Petani Tingkatkan Hasil Panen

Robot AI Pembantu Petani Tingkatkan Hasil Panen Keterlibatan robot di setiap bidang kehidupan manusia tidaklah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.