cara menghemat uang belanja dapur
cara menghemat uang belanja dapur

Cara Menghemat Uang Belanja Dapur, Biar Hemat Tetap Cermat

Kadang uang belanja yang diberikan oleh suami tidak selalu bisa mencukupi kebutuhan belanja di dapur. Karena itu tidak adalah salahnya suami dan istri mengetahui cara menghemat uang belanja dapur. Hal ini agar kompor di dapur tetap mengepul walaupun keadaan finansial kurang memadai. Selain itu membiaskan kehidupan hemat juga berdampak baik.

Pasangan jadi bisa meluangkan lebih banyak penghasilannya untuk ditabung. Namun jangan sampai niat berhemat ini malah menyusahkan diri sendiri dan pasangan. Karena itu berhemat juga harus dilakukan dengan cermat. Beberapa cara di bawah ini bisa menjadi referensi dan bisa dilakukan Untuk hidup yang tidak hanya hemat namun juga cermat:

1. Buat Rencana Anggaran Belanja di Awal

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan penghematan adalah membuat rencana anggaran belanja di awal. Jadi begitu uang belanja didapatkan, uang tersebut harus dibagi menjadi beberapa anggaran. Misalnya anggaran untuk belanja lauk pauk, anggaran untuk membeli snack, atau mungkin anggaran untuk makan di luar.

TRENDING :  Tips dan Cara Membuat Financial Planning yang Efektif

Hal ini berfungsi sebagai patokan bagi pasangan sehingga pengeluaran yang dilakukan bisa diatur. Agar tidak melebihi patokan anggaran yang sudah ditentukan dari awal uang didapatkan.

2. Tentukan Menu Makanan yang Akan Dimasak

Setelah jumlah uang yang bisa dikeluarkan ditentukan, selanjutnya tinggal diatur saja bahan masakan apa yang bisa dibeli. Akan lebih hemat untuk menentukan menu makanan secara mingguan daripada secara harian.

Jika menu makanan direncanakan secara mingguan uang yang dikeluarkan untuk belanja bisa lebih sedikit. Karena jumlah belanjaan yang dibeli langsung dalam jumlah banyak selain itu istri juga tidak usah repot bolak balik ke pasar setiap harinya. Cukup satu minggu satu kali saja.

3. Belanja di Pasar Tradisional Saja

Cara menghemat uang belanja dapur selanjutnya adalah berbelanja di Pasar Tradisional daripada di Supermarket besar. Pasar tradisional memiliki harga yang jelas lebih murah daripada Supermarket besar. Walaupun supermarket lebih nyaman untuk berbelanja namun tidak efektif untuk menghemat pengeluaran.

TRENDING :  Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

Selain itu berbelanja di pasar tradisional itu berarti pasangan turut membantu pedagang kecil di pasar. Lebih baik berbelanja pada orang yang memang membutuhkan uang bukan.

4. Menanam Sendiri Bahan Masakkan

Bagi pasangan yang punya hobi berkebun dan punya lahan lebih di Rumahnya. Bisa memanfaatkan kemampuan dan lahan tersebut untuk menanam sendiri bahan masakan. Tanam tanaman yang memang sering digunakan untuk memasak namun mudah dirawat.

Misalnya saja cabe, daun bawang, paprika, dan tanaman lain yang mudah ditanam. Selain bisa menghemat pengeluaran dasar dalam berbelanja. Tanaman-tanaman ini juga bisa membuat halaman rumah jadi tampak lebih asri dan segar.

5. Buat Bumbu Racik Sendiri

Banyak istri yang memilih untuk menggunakan bumbu instan daripada meracik sendiri. Karena bumbu instan lebih mudah dan praktis. Namun membeli bumbu instan bisa dibilang merupakan pemborosan. Karena harga bumbu instan bisa menjadi mahal jika dibandingkan meracik sendiri.

TRENDING :  Cara Menghitung Pendapatan Kotor dan Informasi Lainnya

Apalagi rasa yang dihasilkan bumbu instan tidak jarang kurang segar dan kurang nikmat. Karena itu lebih baik mulai untuk meracik bumbu sendiri. Selain lebih enak dan hemat, bumbu racikan sendiri tentu saja akan lebih sehat.

Itulah cara menghemat uang belanja dapur yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dilakukan pasangan. Ternyata sangat mudah bukan untuk membuat dapur tetap mengepul. Walaupun cara-cara di atas terkesan sederhana. Namun jika dilakukan secara konsisten dapat menyelamatkan keadaan keuangan pasangan di kala sulit sekalipun.

About Firma Wati

Check Also

Risiko Investasi

Mengenal Risiko Investasi dan Strategi untuk Menguranginya

Risiko Investasi Risiko Investasi – Dari fenomena tulip di Eropa раdа аbаd kе-16 hіnggа gеlеmbung …

Leave a Reply

Your email address will not be published.