cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta
cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta

Cara Menabung Untuk Menikah dengan Gaji 1 Juta, Yuk Terapkan!

Sebelum menikah ada berbagai aspek  yang perlu dipersiapkan oleh calon mempelai. Selain kesiapan hati dan kesiapan mental. Calon mempelai juga harus siap secara finansial untuk menyelenggarakan pernikahan. Namun bagaimana cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta bagi orang yang berpenghasilan rendah.

Memiliki penghasilan rendah belum tentu tidak bisa menikah. Namun tentu saja akan lebih sulit menyelenggarakan pernikahan dan kehidupan ke depannya. Beberapa cara ini bisa diterapkan untuk menyiapkan pernikahan bagi orang yang berpenghasil di bawah satu juta. Sekaligus untuk menyiapkan tabungan demi menjalani kehidupan selanjutnya. Lantas, bagaimana cara menabungnya? Simak di bawah ini:

1. Membagi Penghasilan Menjadi Beberapa Pos Pengeluaran

Cara pertama dan yang paling penting adalah membagi penghasilan berdasarkan beberapa pos pengeluaran. Begitu mendapat gaji, langsung pisahkan uang ke beberapa pos berbeda, bisa juga memanfaatkan amplop-amplop agar tujuan pengeluaran bisa semakin bisa dibedakan.

Rasio pembagian yang bisa dilakukan untuk membagi misalnya. Menyimpan 40% dari penghasilan tersebut untuk pernikahan. Kemudian 30% untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian 10% untuk kebutuhan hiburan. Jangan lupa siapkan dana darurat juga 20% sisanya bisa menjadi dana darurat tersebut.

TRENDING :  Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja Yang Mudah Dilakukan

2. Menghemat Pengeluaran

Setelah penghasilan dibagi, maka akan menjadi jelas mana uang yang bisa digunakan dan mana yang harus disimpan. Jumlah uang yang bisa digunakan pun akan menjadi semakin kecil jumlahnya karena sudah dibagi-bagi. Karena itu calon mempelai harus pintar-pintar menghemat pengeluaran yang dilakukan.

Pastikan dana yang sudah dialokasikan untuk pengeluaran cukup sehingga gaji berikutnya datang. Hal ini mencegah calon mempelai untuk menggunakan dana tabungan yang harusnya disimpan. Cara menghemat pengeluaran yang paling mudah dilakukan adalah dengan menahan diri untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

3. Memasukkan Dana Pernikahan di Rekening Khusus

Agar penyimpanan semakin aman, buatlah rekening khusus untuk tabungan pernikahan. Tidak perlu rekening baru, bisa memanfaatkan rekening lama yang mungkin tidak terlalu sering dipakai. Hal yang paling penting untuk diperhatikan. Rekening itu harus terpisah dari rekening yang digunakan untuk transaksi sehari-hari.

TRENDING :  Cara Menghitung Dana Pensiun Karyawan Swasta Sesuai Peraturan

Selain lebih aman, memasukkan dana pernikahan pada rekening khusus bisa jadi lebih menguntungkan. Jika jumlah berangsur-angsur menjadi tambah besar, mungkin saja calon mempelai bisa memperoleh bunga dari tabungan pernikahan tersebut.

4. Buat Target Menabung

Cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta selanjutnya adalah membuat target menabung. Untuk menentukan seberapa banyak uang yang harus dikumpulkan, mempelai harus merencanakan terlebih dahulu. Kira-kira pernikahan seperti apa yang ingin diselenggarakan dan berapa banyak biaya yang kiranya dibutuhkan.

Semakin mewah dan meriah pernikahan yang diinginkan akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk menabung. Karena itu calon pengantin harus bersikap realistis dan mengadakan pernikahan sesuai dengan kemampuannya saja.

5. Cari Pengahasilan Tambahan

Jika mengumpulkan biaya pernikahan dari gaji 1 juta saja dipastikan akan perlu waktu sangat lama untuk calon mempelai menyelenggarakan pernikahan. Lagipula untuk kehidupan rumah tangga selanjutnya. Gaji 1 juta akan sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

TRENDING :  7 Cara Memindahkan OVO Point ke OVO Cash Menggunakan SiCepat

Karena itu calon pengantin harus memiliki inisiatif untuk mencari penghasilan tambahan. Tidak hanya agar pernikahan bisa berlangsung sesegera mungkin. Namun juga agar kehidupan rumah tangga selanjutnya lebih sejahtera.

Itulah cara menabung untuk menikah dengan gaji 1 juta. Sebenarnya menikah tidaklah mustahil bahkan bagi yang berpenghasilan rendah sekalipun. Asal calon pengantin tidak terlalu terpaku dengan pesta yang harus mewah. Atau mungkin acara pernikahan yang besar dan meriah. Sebenarnya pernikahan bisa segera dilangsungkan dengan biaya yang tidak banyak.

 

Kata Kuncigaji 1 jt buat nikah-menikah dengan gaji bulanan 1 jtan-modal nikah gaji 1 5 juta-modal nikah gajih 1 5 juta-nabung nikah gaji 1 5 jt-

About Firma Wati

Check Also

cara menghitung dana pesiun karyawan swasta

Cara Menghitung Dana Pensiun Karyawan Swasta Sesuai Peraturan

Tidak selamanya seseorang akan bekerja pada suatu perusahaan. Di masa mendatang, ada waktunya seorang pekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published.