Robot Pembantu Petani

Robot AI Pembantu Petani Tingkatkan Hasil Panen

Robot AI Pembantu Petani Tingkatkan Hasil Panen

Keterlibatan robot di setiap bidang kehidupan manusia tidaklah jarang. Contohnya robot pembantu petani untuk pertanian. Hal ini bertujuan agar tingkatan hasil panen bertambah dengan biaya produksi sekecil mungkin.

Alat mekanik ini bernama TerraSentia. Robot pembantu petani kecil yang dikembangkan, bertujuan membantu sektor pertanian. Peneliti asal University of Illinois di Urbana-Champaign berhasil menciptakannya dengan bantuan dana Departemen Energi AS.

TerraSentia merupakan robot kecil pemantau tanaman serta membantu pemuliaan tanaman. Ini dilakukan untuk mengindentifikasi garis keturunan tanaman dan diketahui genetik terbaik. Dengan cara ini, memungkinkan dihasilkannya kualitas tanaman lebih tinggi.

Pemuliaan tanaman dan proses pengembangan produk benih merupakan perjalanan panjang juga mahal. Oleh sebab itu, terciptalah sebuah kecerdasan buatan TerraSentia. Kini, TerraSentia telah tersedia bersama EarthSense Inc.

TRENDING :  Aplikasi Edit Foto Pengantin

Dahulu, pengukuran tinggi tanaman dilakukan secara manual. Seseorang akan merekam data dengan perangkat elektronik bersama penggaris. Sekarang, berkat kecerdasan buatan ini, pengerjaan di ladang dapat lebih mudah, mudah, dan cepat.

Baca Juga :Aplikasi Untuk Mengundi Give Away Yang Mudah

Robot Kecil Bermanfaat Besar

Dunia pertanian dan dunia kecerdasan buatan adalah dua dunia yang berbeda. Tapi dengan satu tujuan, maka kedua dunia itu dapat digabungkan. TerraSentia robot pembantu petani hadir untuk memberikan segudang manfaat.

Memiliki berat 30 pon, robot ringan ini mudah untuk berjalan dan melewati tanaman-tanaman muda tanpa merusaknya. TerraSentia bisa aktif bekerja berjam-jam. Jika menggunakan banyak robot, pemeriksaan ladang dapat cepat terselesaikan.

TRENDING :  Unggah video Anda ke YouTube

TerraSentia memangkas biaya produksi yang diperuntukkan membayar tenaga manusia. Bagi petani yang ingin meningkatkan kualitas tanaman, penggunaan inovasi baru ini sangatlah bermanfaat. Semua karena pengambilan data yang diperoleh begitu akurat.

Data tanaman diambil untuk kemudian dikembangkan, agar menemukan genetik terbaik yang bisa dijadikan sebagai indukan. Dengan teknologi ini, bidang pertanian akan berkembang pesat untuk mencukupi populasi dunia yang terus bertambah.

Cara Kerja Robot TerraSentia

Penggunaan drone di lapangan untuk pengumpulan data tidaklah cukup. Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan sensor drone tidak dapat mendeteksi data yang dibutuhkan secara akurat ketika tertutupi oleh kanopi tanaman.

Di sebuah ladang, robot pembantu petani TerraSentia akan menjelajahi lahan. Benda kecil ini memindai barisan satu per satu untuk menghitung jumlah tanaman, lebar batang dan tinggi secara akurat.

TRENDING :  Cara Menyimpan file komputer jarak jauh

Dengan ukurannya, TerraSentia mengoptimasikan pengumpulan data tanaman, terutama di bawah naungan. Dilengkapi oleh aplikasi khusus dan komputer tablet berhubungan langsung, robot ini mengukur sifat perkembangan dan mendeteksi penyakit.

Menggunakan sejumlah sensor seperti kamera video, pendeteksi cahaya, teknologi pengukur jarak, ditambah navigasi GPS, menjadikan TerraSentia sahabat petani. Kemudian, data yang berhasil diambil akan dikirim pada petani agar bisa dimanfaatkan.

Memliki harga sekitar 5000 USD, TerraSentia diharapkan menjadi terobosan baru demi kemajuan dunia pertanian. Robot pembantu petani ini sukses mengumpulkan data dari ladang jagung, gandum, sorgum, dan juga kebun buah.

About administrator

Check Also

Cara mengatasi kegagalan pada hard Disk dan pemulihan data

Cara mengatasi kegagalan pada hard Disk dan pemulihan data Hard disk adalah perangkat penyimpanan data …

Leave a Reply

Your email address will not be published.