Perkembangan Teknologi Smartphone

Perkembangan Smartphone dari Tahun ke Tahun Hingga Sekarang

Perkembangan Smartphone dari Tahun ke Tahun Hingga Sekarang

Smartphone hingga saat ini menjadi bagian dari hidup masyarakat. Dalam perkembangan teknologi smartphone dari masa ke masa, keterlibatan teknologi menjadi pilar utama sampai terciptalah handphone seperti sekarang.

Dahulu, handphone hanya sekadar telepon genggam yang dibawa ke mana-mana. Lebih praktis ketimbang telepon rumah yang tidak bisa Anda bawa. Fiturnya juga masih sangat terbatas dengan layar kecil di atasnya.

Sekarang, tipe smartphone ada bermacam-macam. Mulai dari bermacam merek, macam fitur, macam model, dan macam harga. Semakin canggih dan banyak fiturnya, semakin mahal pula telepon genggam tersebut dibandrol.

Lalu, bagaimana mungkin handphone yang dulunya tebal segenggaman orang dewasa kini dapat setipis mungkin muat dalam kantung celana? Bukan hanya menelepon dan mengirim pesan, namun panggilan video dapat dilaksanakan.

TRENDING :  Main Hago Game Android Penghasil Uang, Begini Cara Cuan!

Baca Juga: Berikut fitur terbaru Xiaomi Redmi Note 10

Sejarah Perkembangan Ponsel dari Tahun 70-an Sampai 90-an

Pertama muncul, ponsel hadir sekitar tahun 70-an tepatnya tahun 1973. Motorola DynaTAC menjadi telepon pertama yang bisa dibawa ke mana saja. Sosok Martin Copper merupakan orang terpenting yang mengenalkan DynaTAC.

Meski dapat dibawa, nyatanya DynaTAC memiliki ukuran besar dan sangat tidak fleksibel. Bahkan berat ponsel pertama ini bisa mencapai satu kg. Sangat jauh berbeda dari smartphone jaman sekarang.

10 tahun kemudian perkembangan teknologi smartphone semakin berubah lebih baik, Motorola meluncurkan tipe terbaru DynaTAC 8000X. Jika DynaTAC 70-an dipakai oleh kalangan atas, di tahun 1983 ponsel milik Motorola dikomersilkan.

Walau tidak seberat generasi pertama, DynaTAC 8000X mempunyai bobot sekitar 793 gram, baterai bertahan selama delapan jam. Selanjutnya ada Motorola MicroTAC 9800X berbobot 300 gram dengan daya baterai 30 menit.

TRENDING :  Cara Cek Resi Ninja Express Shopee

Tahun 90-an, perkembangan teknologi smartphone semakin canggih. Teknologi yang terus dilakukan menghasilkan handphone dengan fitur pengirim pesan. Tahun 90-an muncul IBM Simon dan Nokia yang masih terngiang sampai sekarang.

Munculnya Smartphone Tahun 2000-an Sampai Sekarang

Ponsel pintar semakin populer dari masa ke masa. Perkembangan teknologi smartphone memunculkan Sharp J-SH04 dengan fitur canggihnya. Ponsel inilah yang pertama kali dilengkapi oleh kamera.

Setelah J-SH04, mulai banyak handphone pintar lain yang bermunculan. Ponsel-ponsel ini pun tidak kalah canggih dari J-SH04. Contohnya blackberry 5810 yang bisa terkoneksi internet serta iPhone dengan konsep layar sentuhnya.

TRENDING :  Daftar Fitur Terbaru Windows 11 Menarik untuk Dicoba!

Awal 2010-an, blackberry menduduki tingkat teratas kepopuleran smartphone canggih. Meski bukan layar sentuh dan mengusung konsep QWERTY keypad, namun aplikasi berpesan milik blackberry sangat menarik perhatian masyarakat, terutama Indonesia.

Akhir 2010-an semakin banyak ponsel yang bisa mendukung jaringan 5G. Kualitas layar sentuh pun semakin baik dengan fitur-fitur beragam. Perangkat iOS dan Android merajai sampai sekarang, sedangkan Blackberry pudar perlahan-lahan.

Belakangan tahun terakhir, produsen ponsel berlomba menawarkan kapasitas RAM dan ROM yang tinggi sampai prosesor kencang. Perkembangan teknologi smartphone dari tahun ke tahun akan semakin maju dan menciptakan inovasi terbaru.

About administrator

Check Also

Cara untuk mendapatkan lalu lintas web berulang

Cara untuk mendapatkan lalu lintas web berulang 1. Sering-seringlah menyegarkan halaman di situs web Anda. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.