Aplikasi Untuk Presentasi di HP

5 Aplikasi Untuk Presentasi di HP yang Wajib Dimiliki Pelajar

Menyampaikan materi akan lebih mudah bila menggunakan presentasi guna meringkas isi. Untuk membuatnya diperlukan perangkat PC agar dapat melakukan editing dengan detail. Pelajar juga dapat membuat slide dari smartphone bila memperoleh tugas mendadak yang perlu segera diselesaikan. Sehingga pemasangan beberapa aplikasi untuk presentasi di HP sangat diperlukan, terutama bagi pelajar.

Aplikasi smartphone pembuat slide presentasi bisa dijalankan di mana saja. Termasuk bila sedang di luar rumah, sehingga pelajar tidak perlu repot membawa laptop untuk mengerjakan tugas. Di samping itu, berbagai aplikasi dapat di instal secara gratis di Play Store. Sebagai bahan referensi, berikut 5 aplikasi yang berguna dalam penyusunan slide:

1. Zoho Show

Aplikasi yang rilis pada Maret 2018 ini terus mengalami pembaruan, tercatat Zoho Show telah diunduh lebih dari 500 ribu download. Ukuran berkas hanya sebesar 39 MB, aplikasi ini juga banyak menuai ulasan positif di Play Store. Salah satu fitur unggulannya yaitu mampu memberikan ruang bagi pengguna untuk mengedit slide presentasi secara langsung.

Bila ingin presentasi yang praktis tanpa perlu mengedit secara manual, pengguna dapat memanfaatkan template yang tersedia. Di samping itu, aplikasi menyediakan lebih dari 15 diagram yang akan membantu dalam menayangkan informasi dengan jelas. Kelola presentasi dengan menambahkan efek transisi yang menarik. Bagikan hasil slide yang dibuat kepada teman-teman dengan mudah.

2. Desain Presentasi

Aplikasi ini direkomendasikan bagi pemula yang ingin belajar banyak dalam proses pembuatan slide presentasi. Desain Presentasi mulai dirilis pada Mei 2018 dan telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna Play Store. Pengguna smartphone dapat mulai membuat presentasi sesuai tema yang diinginkan, hasilnya dapat disimpan tanpa watermark.

Semua fitur pengeditan dapat dioperasikan secara gratis, seperti ukuran, jenis font, warna, hingga urutan layer. Setidaknya terdapat lebih dari 1.000 template yang dapat digunakan dalam penyusunan slide. Hal ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah hingga pekerjaan yang berkaitan langsung dengan presentasi.

3. Microsoft Powerpoint

Pelajar tentu sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini, sebab Ms Power Point sangatlah sering dioperasikan pada PC atau laptop. Sejak Januari 2015, pengguna dapat memanfaatkan fitur pembuat presentasi lewat smartphone. Sampai saat ini, aplikasi tersebut telah di download oleh lebih dari 1 M pengguna Play Store.

4. Google Slide

Kelengkapan fitur pengeditan pada aplikasi membuat Google Slide termasuk dalam aplikasi untuk presentasi di HP yang paling sering direkomendasikan. Aplikasi yang rilis pada bulan Juni 2014 ini telah diunduh lebih dari 500 juta pengguna Play Store. Google Slide akan memudahkan pengguna dalam mengkreasikan slide presentasi meski tidak berada dalam rumah.

Salah satu kelebihan yang patut dipertimbangkan yaitu aplikasi ini dapat dioperasikan tanpa perlu terhubung ke internet. Hasil editing akan disimpan melalui fitur auto save pada perangkat smartphone. Pengguna dapat membuka, mengedit, dan membagikan slide presentasi pada pengguna lain dengan mudah.

5. Office: Presentations

Pengguna akan terbiasa dengan tampilan pada aplikasi ini, sebab bila diperhatikan sekilas banyak kemiripan dengan Microsoft Office pada PC. Meski baru dirilis pada April 2021, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 ribu download dan memperoleh banyak ulasan positif. Hingga kini aplikasi telah melalui pembaruan guna mengatasi masalah bug ketika aplikasi dijalankan.

Itulah pembahasan mengenai 5 aplikasi untuk presentasi di HP yang dapat di download secara gratis dan mudah dioperasikan. Sebaiknya, buatlah ringkasan materi terlebih dahulu sebelum menyusun slide. Sehingga dapat menyampaikan informasi secara runtut agar audien mudah memahaminya. Tambahkan animasi supaya slide presentasi terlihat lebih menarik.

Daftar Isi