Cara Mengatasi Android Lemot

Inilah Cara Mengatasi Android Lemot Wajib Diketahui

Memiliki Android lemot sangat mengesalkan terlebih harus membuka aplikasi penting, butuh waktu mengaksesnya maka harus mengetahui cara mengatasi Android Lemot. Dengan demikian tidak perlu mengganti HP lama dengan baru, cukup memperbaiki yang ada agar tidak lemot karena beberapa faktor menyebabkan Android Lemot.

1. Buatlah Ruang untuk Memori

Penyebab lemot yang sering terjadi pada Android adalah kapasitas memori nya penuh. Maka dari itu, bila ingin membuat cara mengatasi Android lemot Harus memberikan ruang pada memorinya. Dengan demikian kinerjanya tidak akan berat. Memori yang penuh akan memperberat kinerja Android sehingga menjadi lemot.

Salah satu cara memberikan kapasitas ruang untuk memorinya bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu banyak digunakan sehingga kinerjanya tidak akan berat. Oleh sebab itu, pilih beberapa aplikasi yang tidak penting lalu hapus agar tidak memperberat kerja Android.  Cara lainnya dengan menggunakan memori tambahan.

2. Gunakanlah Aplikasi APP2SD

Aplikasi ini digunakan untuk ponsel yang telah di root. Beberapa pengguna Android melakukan root untuk mengurangi penggunaan memori, bila masih lemot melakukan hal tersebut sebaiknya untuk menggunakan aplikasi APP2SD. Penggunaannya sangat serbaguna karena bisa digunakan untuk back up aplikasi.

Berbeda halnya bila Android belum di root, sebaiknya gunakan aplikasi Clean Master agar Android tidak lemot. Penggunaan aplikasi ini akan menghapus sisa sampah cache karena dapat memperberat kinerja ponsel bila sampah  cache menumpuk.  Maka dari itu sampah cache tersebut harus dibersihkan secara berkala karena bisa saja beberapa aplikasi dihapus menyisakan cache pada ponsel.

3. Gunakanlah Anti Virus

Apabila Android telah dipenuhi virus akan membuat lemot sehingga harus melakukan cara mengatasi Android lemot dengan menggunakan antivirus agar ponsel tidak lemot. Namun untuk Android, sebetulnya tidak terlalu membutuhkan antivirus tersebut. Bahkan anti virus akan bekerja di belakang layar sehingga membuat RAM menjadi boros dan berdampak pada HP lemot.

Aplikasi anti virus selain bisa menghilangkan virus tetapi dapat memperberat kinerja ponsel, sehingga harus menggunakannya satu jenis saja agar tidak terlalu memperberat kinerja ponsel. Dengan demikian, akan lebih efektif untuk digunakan karena tidak terlalu banyak menghabiskan memori. Maka dari itu, cukup gunakan 1 jenis saja hanya untuk menjaga virus masuk.

4. Gunakanlah Fitur Auto Kill

Apabila beberapa aplikasi dibuka sekaligus dalam waktu bersamaan, akan memperberat kinerja ponsel sehingga membuatnya lemot. Oleh sebab itu, harus menggunakan fitur Auto kill agar aplikasi tersebut bisa diatur untuk penggunaannya sehingga tidak dapat memperberat kinerja ponsel.  Aplikasi ini dapat menghalangi penggunanya untuk membuka aplikasi lain bila masih dijalankan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, ponsel tidak akan kembali lemot karena secara otomatis tidak bisa membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Apabila pengguna membuka banyak aplikasi sekaligus, Auto kill akan memblokirnya secara otomatis sehingga tidak akan membuatnya lemot, terlebih bila ponsel tersebut telah di upgrade.

5. Batasi Penggunaan Widget

Penggunaan widget membuat layar lebih menarik karena bisa mengganti wallpaper dengan tema yang disukai. Hanya saja menggunakan widget dapat membuat kinerja Android menjadi lemot. Maka dari itu, lakukanlah cara mengatasi Android lemot dengan membatasi penggunaan widget tersebut agar mengoptimalkan kinerja ponsel.

Mengurangi penggunaan widget dapat mengurangi kapasitas RAM sehingga ponsel tidak akan berjalan lemot. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk mengurangi hal tersebut, meskipun tampilan HP tidak terlalu menarik. Masih ada cara lain untuk membuat ponsel menarik meskipun tanpa menggunakan widget. Dengan demikian ponsel lebih menarik namun tidak banyak menghabiskan memori.

Android yang lemot membuat penggunanya kesal, sehingga harus mencari solusi agar Android tersebut tidak lemot.  Dengan demikian, penggunanya tidak harus membeli Android baru selama mengetahui penyebabnya. Mulailah dengan mengurangi penggunaan memori yang terlalu besar. Maka dari itu sebaiknya melakukan cara mengatasi Android lemot.

Daftar Isi