Pencairan BST Sampai Kapan

Pencairan BST Sampai Kapan? Simak Jawaban Lengkapnya

Tak henti-hentinya pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Kali ini, pemerintah memberikan bansos berupa BST atau Bantuan Sosial Tunai. Lantas masih banyak yang bertanya-tanya, pencairan BST sampai kapan? Memang sudah terdengar kabar jika pencairan BST hanya sampai bulan April 2021.

Apakah BST Akan Diperpanjang?

Kabar yang terdengar, jika pencairan untuk bantuan ini hanya sampai bulan April saja. Akan tetapi siapa sangka jika pencairan bantuan diperpanjang oleh pemerintah hingga bulan Juni ini. Hal tersebut dikarenakan adanya penambahan terhadap alokasi untuk penyaluran dana pada bulan Mei-Juni. Sehingga terjawablah pertanyaan pencairan BST sampai kapan oleh masyarakat.

Persiapan untuk penyaluran bantuan tersebut dikabarkan oleh Kemensos sudah rampung sehingga siap untuk dilakukan sosialisasi. Selain itu, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan kepada pihak KPM. Terkait dengan jumlah penerima KPM tersebut hingga saat ini sudah mencapai angka 10 juta jiwa yang nantinya akan diberikan BST.

TRENDING :  Cara Daftar Vaksin Pedulilindungi Gratis Tanpa Ribet

Memang penerima yang akan menerima bantuan yang diberikan tidak akan dilakukan pengurangan penerima. Dengan kata lain bahwa penerima BST sebelumnya lah yang juga akan menerima BST untuk periode bulan Juni. Selain itu, bantuan yang diberikan ini tidak bersifat permanen, sehingga apabila masa pandemi berakhir maka berakhir pula penerimaan BST.

Perlu diketahui apabila bantuan BST ini termasuk klaster dalam perlindungan sosial untuk program PEN. Realisasi penyalurannya pun untuk perhitungan secara keseluruhan sudah mencapai Rp56,79 triliun. Memang cukup banyak karena penyaluran bantuan ini sudah dilakukan sejak masyarakat terkena dampak pandemi covid-19 tahun lalu.

Adapun tujuan pemberian atau perpanjangan bansos adalah sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak covid-19. Anggaran yang sudah disediakan pemerintah untuk perpanjangan bansos ini sebesar Rp11,81 triliun. Dimana bantuan tersebut nantinya akan dibagikan untuk setiap bulannya.

TRENDING :  Tujuan dan Prosedur Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai Untuk KPM

Jenis Bansos Lain Yang Akan Cair Bulan Juni 2021

Ternyata bukan hanya bansos jenis BST saja yang dicairkan pada bulan Juni 2021 ini. Namun ada beberapa jenis bantuan yang juga kabarnya akan dicairkan oleh pemerintah. Jenis bantuan yang dimaksud antara lain bantuan PKH, BLT Desa, dan BPNT. Semua jenis bantuan tersebut akan dicairkan pada bulan ini yang diberikan bagi masyarakat terdampak covid-19.

Pencairan untuk bansos jenis PKH ini diberikan dengan melalui empat tahapan. Jenis bantuan ini pun diberikan kepada setiap keluarga dengan jumlah dana yang cukup banyak. Berdasarkan rinciannya, setiap penerima akan diberikan dana hingga Rp10,8 juta. Sehingga setiap keluarga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lain halnya dengan masyarakat yang menerima bansos jenis BPNT atau bantuan pangan yang diberikan dalam bentuk non tunai. Dengan kata lain bahwa bantuan ini diberikan atau disalurkan melalui nomor rekening yang dimiliki penerima. Jumlah dana bantuan yang diberikan kepada masyarakat ini sebesar Rp200.000 untuk setiap bulannya.

TRENDING :  Cara Mengobati Kutu Air yang Membandel dan Mencegahnya

Ada juga bantuan jenis BLT Desa yang hanya diberikan kepada masyarakat yang berdomisili di desa tersebut. Selain itu, penerima BLT Desa ini ditujukan kepada keluarga yang memang kurang mampu dan tentunya bukan penerima PKH. Masyarakat yang ditetapkan sebagai penerima BLT Desa ini tentu sudah melalui beberapa pertimbangan DTKS dari Kemensos.

Itulah beberapa ulasan lengkap terkait dengan pertanyaan pencairan BST sampai kapan yang kini sudah terjawab. Memang pencairan ini akan diperpanjang hingga bulan Juni dengan indeks penyaluran sebesar Rp300.000 per bulan. Bukan hanya bantuan BST saja yang akan dicairkan bulan Juni, namun ada beberapa jenis bansos juga yang akan cair.

 

 

About Firma Wati

Check Also

Kartu Prakerja Gelombang 17

Tips Untuk Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 17 Tahun 2021

Kartu Prakerja yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan memang sangat bermanfaat. Kini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.