Bantuan Studi Lanjut Guru

Informasi Lengkap Mengenai Persyaratan Bantuan Studi Lanjut Guru 2021

Tenaga pendidik yakni guru juga mendapatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Dimana bantuan yang diberikan ini berupa bantuan studi lanjut guru ke jenjang sarjana Strata 1 atau S1. Tujuan pemberian bantuan ini agar nantinya dapat meningkatkan kualifikasi yang dimiliki oleh guru. Kualifikasi yang dimaksud seperti kualifikasi akademik.

Selain itu, dengan adanya bantuan ini pun dapat meningkatkan kualifikasi untuk kompetensi guru. Memang kualifikasi guru saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan. Maka dari itu, untuk mengatasi hal ini pemerintah memberikan bantuan kepada tenaga pendidik. Dengan begitu, guru bisa meningkatkan kualifikasi yang diperlukan dalam bidang pendidikan.

Persyaratan Mengikuti Bantuan Studi Lanjut Guru 2021

Apabila tenaga pendidik ingin mengikuti program tersebut, maka akan ada beberapa persyaratan yang diperlukan. Dimana persyaratan yang diperlukan ini harus dimiliki oleh guru dan pendidik. Memang persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru dan pendidik sedikit berbeda. Maka dari itu, daftar persyaratannya pun dipisahkan atau dibedakan.

1. Persyaratan untuk Guru

Persyaratan yang dapat dipenuhi oleh guru terdapat beberapa poin yang sangat penting. Dimana guru tersebut harus terdaftar di Dapodik dan tentunya aktif mengajar di satuan pendidikan. Guru tersebut juga sudah melalui masa kerja minimal 5 tahun yang dilakukan secara berturut-turut. Selanjutnya, guru tersebut juga belum memiliki ijazah S1.

Syarat berikutnya yang dapat dipenuhi oleh guru adalah sudah terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi. Agar bisa mendapatkan banpem ini lebih memprioritaskan guru TK dan Sekolah Dasar. Selain itu, guru tersebut sedang menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Guru yang akan mendaftar sudah mempunyai surat izin untuk belajar.

2. Persyaratan untuk Pendidik

Untuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendidik hampir sama dengan guru yakni sudah terdaftar pada data Dapodik. Pendidik juga memiliki status aktif dalam mengajar di satuan pendidikan atau instansi yang dilaksanakan oleh pemda. Terkait dengan masa kerja dari pendidik minimal 3 dan tentunya belum mempunyai ijazah S1.

Selain itu, pendidik ini juga masih sedang masa kuliah di universitas. Bantuan studi lanjut guru yang diberikan kepada pendidik ini dikhususkan atau diprioritaskan untuk pendidik jenjang PAUD. Tidak kalah pentingnya bahwa pendidik tersebut tidak menerima jenis bantuan yang lain dan tentunya sudah mempunyai ijin untuk belajar.

Fase yang Harus Dilalui untuk Mengikuti Bantuan Studi Lanjut Guru

Sebelum mengikuti bantuan tersebut yang diberikan kepada guru tersebut, tentu harus melalui beberapa fase. Dimana fase yang harus dilalui ini ada tiga tahapan mulai dari fase 1 hingga fase 3. Setiap fase tentu berbeda, seperti fase 1 yang merupakan proses untuk guru melengkapi data diri. Memang tahap pertama, kandidat harus mengisi data diri serta menyiapkan persyaratan.

Persyaratan yang dibutuhkan pun harus dilengkapi agar dapat menunjang kandidat untuk lolos. Adapun untuk fase 2 yang merupakan penetapan atau kandidat yang lolos mengikuti program banpem tersebut. Memang tidak semua kandidat yang mendaftar bisa lolos mengikuti studi lanjut guru yang merupakan program yang berupa banpem.

TRENDING :  Truth or Dare Artinya: Permainan Jujur atau Tantangan!

Terakhir adalah fase 3 yang merupakan fase penerimaan berkas kandidat yang dinyatakan lolos oleh pihak panitia. Selain itu, ada pula penyampaian berupa informasi terkait dengan status kandidat yang lolos menerima bantuan ini. Apabila informasi yang disampaikan belum dapat dipahami, penerima bisa membuka situs resmi https://studi.simpkb.id/.

Itulah beberapa ulasan lengkap terkait dengan bantuan studi lanjut guru di tahun 2021 yang ditujukan untuk guru dan juga untuk pendidik. Syarat yang harus dipenuhi pun sedikit berbeda dari lamanya masa kerja. Ada pula beberapa fase yang harus dilalui oleh pendaftar pada saat mengikuti program bantuan dari pemerintah ini.

 

About Firma Wati

Check Also

Toxic Artinya: Kenali Dampak Buruknya pada Kesehatan Mental

Toxic Artinya: Kenali Dampak Buruknya pada Kesehatan Mental

Hai semuanya! Kita pasti sudah pernah mendengar kata “toxic”, kan? Dalam bahasa Inggris, kata ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *