Pendaftaran CPNS 2021

Pendaftaran CPNS 2021 Ternyata Belum Dibuka Tanggal Hingga Akhir Mei

Bagi sebagian kalangan menjadi seorang ASN adalah keinginan banyak orang. Ini dapat dilihat dari peminat para orang yang ikut dalam seleksi CPNS setiap tahunnya. Namun di tahun ini agaknya cukup berbeda mengingat ada tambahan berupa PPPK. Kabar terbarunya pihak terkait belum memberikan pengumuman bahwa pendaftaran CPNS 2021 telah resmi dibuka pada tanggal 31 hari Senin ini.

Perkara ini pun banyak dipertanyakan oleh beragam orang misalnya melalui sosial media resmi milik @bkngoidofficial. Hingga sang admin dari medsos itu memberikan tanggapannya berupa penegasan bahwasanya pada waktu tersebut proses perekrutan belum dilakukan pembukaan. Berikut informasi pendaftaran pegawai PPPK ataupun CPNS tahun ini:

Penjelasan Dari BKN

Pihak dari BKN yang diwakilkan oleh sang ketua bernama Bima Haria Wibisana. Memberikan penjelasan terkait permasalahan terdapatnya sebuah usulan mengenai revisi terhadap formasi yang ditetapkan kiranya berapa yang diperlukan oleh sejumlah instansi. Maka dari itu jadwal pendaftaran CPNS 2021 dalam rencana terjadi di 31 bulan ini, kini berstatus menunggu informasi selanjutnya.

Hal ini dikarenakan terdapatnya sejumlah pengaturan terkait pengadaan CPNS, ataupun PPPK, baik yang masuk kategori Guru maupun non Guru. Ternyata perkara tersebut belum dilakukan tetapan oleh pihak dari pemerintah, ditambah lagi masih terdapatnya usulan revisi yang ada. Dalam beberapa instansi beserta formasi yang sekiranya diperlukan. Ini sebagaimana surat yang telah dikeluarkan oleh pihak bersangkutan.

Persyaratan Pendaftaran

Guna ikut dalam seleksi pekerjaan di ranah manapun umumnya terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Hal demikian juga yang terdapat pada pendaftaran CPNS 2021 kali ini. Pasalnya apabila telah dibuka, link untuk mendaftar adalah sama yakni lewat satu portal.

Untuk persyaratan yang perlu dilengkapi guna melamar CPNS meliputi Kartu Tanda Penduduk yang asli berbentuk scan. Ada juga pas foto beserta ijazah yang dimiliki dalam bentuk fotokopi serta scan. Tidak ketinggalan tentang transkrip nilai yang juga berbentuk fotokopi dan scan. Serta berbagai macam persyaratan lainnya yang telah dirincikan oleh pihak instansi.

Jadwal Yang Tersebar Sebelumnya

Mengenai keadaan pendaftaran CPNS yang masih belum mempunyai ketidakpastian membuat sebagian orang menunggu-nunggu hal ini. Terutama bagi para pencari kerja yang ingin menjadi ASN. Berikut jadwal yang telah beredar sebelumnya mengenai pendaftaran CPNS:

1. Seleksi

Tahapan pertama berupa pengumuman akan seleksi diagendakan untuk dilaksanakan 30 Mei. Dengan batas waktu sampai tanggal 13 bulan Juni. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran dimulai pada 31 Mei, berselang satu hari dari pengumuman yang diberikan. Untuk batas pendaftaran sampai di tanggal 22 bulan Juni tahun ini.

2. Pengumuman

Sebelum hasil diperoleh, di tanggal 1 sampai pada 30 bulan Juni mendatang dilakukan seleksi secara administrasi beserta pengumumannya. Setelah diberikan informasi terkait hasil yang diperoleh. Disediakan waktu sebagai masa sanggah, antara 1 Juli hingga 11 di bulan yang sama.

3. Pelaksanaan SKD

Untuk dilakukannya tes SKD CPNS direncanakan akan berjalan di bulan Juli sampai September tahun 2021. Dalam agenda di waktu yang sama yakni bulan Juli sampai dengan bulan September juga dilakukan seleksi dalam bidang kompetensi bagi PPPK bagian non Guru. Meskipun dalam agenda waktu yang tercatat terbilang sama, namun pelaksanaan tes PPPK versi non Guru dilakukan setelah tes SKD CPNS rampung dijalankan. Serta beragam jadwal lainnya.

Itu tadi pembahasan perihal informasi pendaftaran CPNS 2021 yang ternyata belum dibuka. Memang sempat tersebar kabar bahwa tanggal 31 Mei dimulainya proses pendaftaran. Baik bagian calon pegawai yang tergolong PPPK ataupun CPNS. Adapun alasan yang diutarakan oleh pihak terkait perihal masalah ini diantaranya karena terdapat sejumlah usulan revisi.

 

TRENDING :  Fakta dan Syarat untuk Mendapatkan BLT Subsidi Gaji bagi Pekerja