KIP Kuliah 2021

Informasi Lengkap Terkait KIP Kuliah 2021 untuk Mahasiswa

Informasi Lengkap Terkait KIP Kuliah 2021 untuk Mahasiswa

Menimba ilmu di pendidikan tinggi memang membutuhkan dana yang cukup besar utamanya tingkat perguruan tinggi. Sehingga banyak generasi muda yang hanya mampu untuk bersekolah sampai ke jenjang SMA saja. Melihat kondisi seperti ini membuat pemerintah memberikan kebijakan kepada generasi muda sehingga menyediakan KIP kuliah 2021.

Kartu tersebut memang ditujukan bagi siswa yang sudah tamat di jenjang SMA dan akan lanjut ke jenjang yang tinggi. Untuk mendapatkan kartu ini, mahasiswa harus mengikuti beberapa persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Dimana persyaratan yang dibutuhkan pun seperti adanya nomor KK, KTP, dan lain sebagainya.

Persyaratan Untuk Mendaftar KIP Kuliah 2021

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwasanya untuk menerima KIP untuk kuliah tentu dibutuhkan berbagai syarat. Syarat tersebut pun tidak jauh berbeda dengan syarat mendaftar beasiswa bidikmisi. Maka dari itu, berikut merupakan paparan lengkap terkait persyaratan untuk mendapatkan KIP kuliah 2021:

TRENDING :  Berikut Persyaratan dan Jadwal Penerimaan Calon Taruna Akmil TA 2021

1. Lulus SMA

Agar bisa mendapat kartu tersebut, syarat dapat dipenuhi adalah dinyatakan lulus SMA atau sederajat. Karena memang kartu ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang akan masuk ke perguruan tinggi. Di samping itu, calon penerima harus juga menyediakan berkas berupa NISN dan sejenisnya.

2. Memiliki Prestasi

Persyaratan yang juga dapat dipenuhi oleh calon penerima adalah memiliki prestasi dalam bidang akademik. Bukan hanya memiliki prestasi saja, namun calon penerima juga mempunyai keterbatasan. Keterbatasan yang dimaksud adalah dalam bidang ekonomi. Sebagai bukti fisiknya dapat menyertakan surat keterangan tidak mampu.

3. Mempunyai KIP Pelajar dan KKS

Ternyata bukan hanya memiliki prestasi, namun calon penerima juga harus mempunyai KIP Pelajar dan KKS. Memang KIP Pelajar tersebut bisa didapatkan pada saat masih duduk dibangku sekolah. Selain itu, ada pula yang dinamakan KKS. Kartu ini dapat  menunjukkan bahwa calon penerima memang memiliki keterbatasan dalam bidang ekonomi.

TRENDING :  Perpanjangan PPKM Darurat dan Deretan Resiko PPKM

Baca Juga: Begini Cara Menyambung Wifi Di Laptop, Simak Penjelasannya!

4. Lulus pada Tahap Seleksi

Persyaratan berikutnya yakni calon penerima telah lulus dalam tahap seleksi untuk masuk perguruan tinggi. Untuk menunjukkan bahwa calon penerima dinyatakan lolos dapat dilihat dari bukti fisik yang valid. Selain itu, kampus sebagai tempat mendaftar sudah mendapat akreditasi nilai A maupun B.

Keunggulan Kartu Kuliah

Memang banyak keunggulan yang dimiliki KIP tersebut sebagai bantuan bagi mahasiswa. Dimana keunggulan dari kartu ini adalah menyediakan kuota penerima lebih banyak dibanding penerima Bidikmisi. Kuota yang disediakan untuk tahun ini kurang lebih 400.000  penerima. Memang kuota yang disediakan lumayan banyak untuk tahun 2021 ini.

Bukan hanya itu, KIP ini juga memiliki keunggulan karena dapat memberikan akses yang cukup banyak untuk pendidikan vokasi. KIP ini juga diberikan kepada ADik yang ada di daerah Papua dan daerah 3T. Memang bantuan ini sangat pantas diterima oleh mahasiswa yang ada di daerah tersebut.

TRENDING :  Kuota Internet Gratis 2021 Dari Kemendikbud Cair Lagi

Masa Berlaku KIP Kuliah Yang Diberikan

Masa berlaku KIP tersebut hampir sama dengan beasiswa bidikmisi yang diberikan sebelumnya oleh pemerintah. Dimana masa berlaku kartu ini untuk program sarjana S1 dan D4 selama 8 semester saja. Begitu pula dengan D3 dengan masa berlaku kartu selama 6 semester untuk masa pendidikan.

Itulah ulasan singkat terkait ulasan lengkap KIP kuliah 2021 dan dapat diketahui. Harapan dari pemerintah, adanya kartu ini yakni agar dapat menunjang pendidikan di tanah air ini. Karena memang sangat banyak anak yang putus sekolah akibat memiliki keterbatasan dalam bidang ekonomi.

About Firma Wati

Check Also

Bantuan Studi Lanjut Guru

Informasi Lengkap Mengenai Persyaratan Bantuan Studi Lanjut Guru 2021

Tenaga pendidik yakni guru juga mendapatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Dimana bantuan yang diberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.