Penyebab Hp Mati Tiba tiba

Inilah Penyebab Hp Mati Tiba tiba dan Solusinya

Inilah Penyebab Hp Mati Tiba tiba dan Solusinya

Alat elektronik berupa handphone memang merupakan alat yang tidak dapat lepas dari manusia. Dimana handphone ini dapat digunakan untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan. Namun terkadang handphone yang sedang dioperasikan biasanya tiba-tiba saja mati. Tidak diketahui penyebab hp mati tiba tiba dan tidak dapat digunakan akibat mati total.

Penyebab Handphone Mati Secara Tiba-Tiba Saat Digunakan

Matinya handphone secara tiba-tiba memang membuat pengguna panik karena takut handphonenya tidak dapat digunakan. Selain itu, penyebab terjadinya hal tersebut pun masih jarang diketahui oleh pengguna handphone. Lantas apa penyebabnya? Berikut ini merupakan paparan lengkap terkait penyebab hp mati tiba-tiba dan membuat pengguna khawatir:

1. Baterai Handphone Rusak

Penyebab handphone mati dengan tiba-tiba karena baterai sudah tidak bagus untuk digunakan. Dengan kondisi seperti ini membuat handphone menjadi rusak. Selain itu, kondisi seperti ini pun kerap kali terjadi pada handphone yang memiliki usia tua. Adapun ciri-cirinya yakni bisa dilihat dari menurunnya persentase baterai sehabis diisi.

2. Menggunakan CPU Sangat Tinggi

CPU handphone saat digunakan bisa saja mencapai suhu yang terlalu tinggi. Memang fungsi dari CPU yang ada pada handphone untuk menjalankan beberapa aplikasi di handphone. Namun penggunaan CPU yang tinggi dapat memberikan dampak. Dimana dampak yang diberikan adalah membuat handphone mendadak mati.

3. Mengatur Jadwal Aktif dan Nonaktif Daya

Ada salah satu fitur yang terdapat pada handphone dan kerap kali digunakan oleh pengguna. Dimana fitur yang dimaksud tersebut yakni fitur pengaturan daya hidup dan mati handphone yang dijadwalkan. Memang fitur ini termasuk sebagai fitur yang praktis untuk mematikan handphone dengan cara otomatis. Penonaktifan handphone tersebut biasanya dilakukan pada malam hari.

Baca Juga: Begini Cara Menyambung Wifi Di Laptop, Simak Penjelasannya!

4. Rusaknya Tombol Power pada Handphone

Tombol power memang memiliki peran yang sangat penting untuk mematikan dan juga menghidupkan handphone. Sehingga apabila tombol tersebut rusak, tentu tidak dapat difungsikan lagi oleh pengguna. Maka dari itu, hal tersebut termasuk penyebab handphone mati saat digunakan. Olehnya itu, tombol tersebut perlu diperiksa jika mengalami hal tersebut.

5. File Sampah pada Handphone Menumpuk

Pengguna handphone yang sangat jarang membersihkan sampah yang menumpuk dapat memberikan dampak yang tidak baik. Adapun dampak tersebut misalnya handphone mendadak mati sehingga tak dapat digunakan. Memang sampah pada handphone berasal dari sisa cache aplikasi saat dioperasikan.

6. Handphone Mengalami Overheat

Suhu panas pada handphone memang merupakan hal yang biasa sehingga banyak mengabaikan hal tersebut. Kondisi handphone yang panas dapat dinamakan overheat. Apabila handphone berada di kondisi seperti ini tentu dapat menimbulkan kerusakan. Kerusakan yang terjadi seperti handphone tersebut mati total secara tiba-tiba.

7. Memori Handphone Terlalu Penuh

Kapasitas memori setiap tipe handphone memang berbeda-beda. Ada handphone yang memiliki kapasitas memori yang tinggi dan ada juga yang rendah. Nah, handphone yang memiliki kapasitas rendah sangat rawan untuk handphone mengalami kerusakan. Mengapa demikian? Karena kapasitas memori sudah terlalu penuh untuk mengoperasikan aplikasi.

TRENDING :  Cara Menyimpan file komputer jarak jauh

Solusi Mengatasi Handphone Yang Mati

Solusi yang dapat dilakukan pengguna untuk mengatasi handphone jika mendadak mati yakni melepaskan semua komponen. Cara lain yang dapat dilakukan dengan mencoba untuk isi daya baterai handphone, apakah daya tersebut masuk atau tidak. Selain itu, pengguna juga dapat mereset handphone.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan penyebab hp mati tiba-tiba dan tidak dapat menyala. Selain itu, disebabkan pula dengan hal yang tergolong kecil namun sering diabaikan pengguna. Memang hal-hal kecil yang dapat memberikan dampak tidak baik untuk handphone sehingga mudah rusak dan mati secara tiba-tiba.

 

 

About Firma Wati

Check Also

Cara Hosting Web Sendiri: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Hosting Web Sendiri: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Hosting Web Sendiri: Mengelola Dunia Digital Anda dengan Lebih Mandiri! Apakah Anda ingin memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *