BPUM Tahap 3

Total Dana Yang Disediakan Untuk BPUM Tahap 3 dan Cara Mengeceknya

Total Dana Yang Disediakan Untuk BPUM Tahap 3 dan Cara Mengeceknya

Bagi pemilik usaha mikro atau usaha menengah namun terdampak wabah penyakit Covid-19 memiliki peluang mendapatkan bantuan. Bantuan yang diberikan pemerintah dalam hal ini berupa BPUM. Dimana bansos tersebut kini sudah memasuki tahap ke 3 pencairan tahun 2021. Dengan pencairan BPUM tahap 3 tersebut, maka pendaftaran kembali dibuka bagi pemilik usaha.

Total Dana Yang Disediakan Pemerintah untuk BPUM

Pemerintah memang memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro yang ada di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ekonomi. Memang jumlah dana yang diberikan untuk bansos BPUM lumayan banyak. Dengan begitu, pelaku usaha bisa menambah keperluan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Ibu Hamil dan Balita Dapat Bansos Rp 6 Juta Buruan Daftar

Adapun jumlah dana yang diberikan pada bansos BPUM tahap ke 3 ini sebesar Rp15,36 triliun. Memang dana yang disediakan tersebut cukup besar untuk 12,8 juta penduduk yang menerima bantuan. Melihat faktanya memang sangat banyak masyarakat yang memiliki profesi sebagai pelaku usaha. Meskipun hanya usaha mikro namun dapat membantu memenuhi kebutuhan.

Jumlah dana yang disediakan tersebut untuk pencairan tahap ke 3 memang banyak dibanding tahap 1 dan 2. Terkait jumlah dana yang disediakan pada tahap pertama hanya Rp11,76 triliun saja. Dimana dana tersebut akan diberikan kepada pelaku usaha yang berjumlah 9,8 juta jiwa. Meskipun anggaran yang disediakan tidak banyak namun sangat membantu pelaku usaha.

Sedangkan dana yang telah disediakan untuk pencairan tahap kedua lalu sebesar Rp3,6 triliun saja. Jumlah anggaran yang diberikan sudah sesuai dengan kapasitas penerima yang berjumlah 3 juta penduduk. Memang pada tahap kedua tersebut, pelaku usaha yang diberikan BPUM adalah pelaku usaha yang belum pernah menerima pada tahap pertama.

Cara Mengecek Bantuan BPUM Tahap 3

Untuk mengecek pencairan bansos BPUM tahap 3 dari pemerintah bisa melalui dua cara. Dimana cara yang dapat dilakukan penerima adalah dengan melalui bank BRI dan bank BNI. Hal tersebut tergantung dari jenis bank pendaftaran nomor rekening yang telah dibuat untuk menerima bantuan ini. Berikut penjelasan terkait kedua cara cek bantuan BPUM:

1. Melalui Bank BRI

Cara yang dapat dilakukan untuk mengecek BPUM dengan melalui bank BRI. Adapun caranya, terlebih dahulu masuk ke web resmi https://eform.bri.co.id/bpum dengan memasukkan nomor KTP. Nomor KTP memang diperlukan sebagai identitas penerima yang nantinya akan diverifikasi.

Langkah berikutnya, muncul kode verifikasi dan masukkan kode tersebut pada kolom yang telah disediakan. Apabila sudah memasukkan kode, langkah selanjutnya dengan klik proses Inquiry yang terdapat pada bagian bawah. Selanjutnya akan ada pemberitahuan jika menerima bantuan tersebut atau tidak menerima untuk tahap ke 3 ini.

2. Melalui Bank BNI

Nah, untuk melakukan pengecekan melalui bank BNI, cara yang dilakukan pun tidak jauh berbeda dengan bank BRI. Namun yang membedakan hanya terletak pada web yang akan dibuka. Adapun cara yang dapat dilakukan, pertama-tama masuk ke web http://banpresbpum.id dan tunggu hingga muncul halaman awal.

Selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor KTP atau NIK yang terdapat pada KK untuk nantinya dilakukan verifikasi. Apabila sudah diverifikasi maka langkah berikutnya klik cari dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah proses verifikasi selesai, akan muncul pemberitahuan jika menerima atau pun tidak menerima bantuan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai bantuan pemerintah BPUM tahap 3 yang akan dicairkan pada bulan Mei ini. Adapun jumlah dana yang diberikan untuk setiap pelaku ekonomi sebesar Rp1,2 juta. Jumlah pelaku usaha yang akan diberikan bantuan ini pun sebanyak 12,18 juta jiwa. Memang lumayan banyak sehingga anggarannya pun cukup besar.