Subsidi Kuota Internet 2021

Informasi Lengkap Mengenai Subsidi Kuota Internet 2021 Wajib Diketahui

Masa pandemi yang dimulai di tahun 2020 lalu mengharuskan sistem belajar pelajar sedikit berbeda. Dimana sistem yang telah diterapkan untuk pendidikan adalah secara online. Pemerintah juga memiliki inisiatif untuk memberikan subsidi kuota internet 2021 yang akan cair dalam waktu dekat ini.

Syarat Memperoleh Subsidi Kuota Internet

Memang tidak semua dapat memperoleh subsidi tersebut sehingga ditetapkan beberapa persyaratan yang bisa dipenuhi. Subsidi ini ternyata bukan hanya diberikan kepada pelajar saja namun juga diberikan kepada tenaga pendidik. Adapun beberapa persyaratan yang dimaksud tersebut akan diulas pada paparan berikut ini secara lengkap:

1. Kuota Bagi Siswa di Semua Jenjang

Pemberian bantuan berupa subsidi kuota yang akan digunakan untuk internet diberikan kepada siswa di semua jenjang. Syarat yang harus dipenuhi oleh siswa tersebut adalah telah terdaftar pada aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Setelah itu, siswa tersebut juga sudah memiliki nomor handphone yang masih aktif meskipun nomor tersebut telepon milik orang tua.

Baca Juga :  Diskon Listrik Bantuan PPKM Sampai Desember! Ini Caranya

2. Kuota Bagi Guru

Bukan hanya siswa saja yang diberikan bantuan, namun juga tenaga pendidik yang mengajar di jenjang tersebut pun mendapat subsidi tersebut. Dimana persyaratan wajib dilengkapi tentu tak jauh berbeda dengan persyaratan yang ditetapkan bagi siswa. Syarat yang dapat dilengkapi adalah telah terdaftar pada aplikasi Dapodik serta mempunyai nomor handphone aktif.

3. Mahasiswa

Pada jenjang pendidikan tinggi yakni mahasiswa juga mendapatkan subsidi tersebut untuk membantu kebutuhan belajar. Karena memang kebutuhan belajar mahasiswa saat ini masih daring atau belajar di rumah. Syarat yang wajib dipenuhi adalah mempunyai status aktif perkuliahan, kartu rencana belajar, serta mempunyai nomor handphone.

4. Bagi Dosen

Subsidi kuota bukan hanya diberikan kepada guru, namun pendidik yaitu dosen juga dapat memperoleh subsidi tersebut. Persyaratan yang harus dilengkapi adalah terdaftar pada aplikasi PDDikti serta mempunyai nomor untuk registrasi. Dosen tersebut tentu harus mempunyai nomor handphone yang masih aktif.

Baca Juga :  Cara Daftar CPNS Online Melalui Situs SSCN.BKN.GO.ID

Jumlah Kuota yang Bisa Didapat dari Pemerintah

Subsidi kuota internet 2021 memang hanya diperuntukkan untuk pelajar dan tenaga pendidik. Lantas berapa jumlah kuota yang bisa didapatkan dari pemerintah? Jumlah kuota yang diberikan kepada siswa PAUD sebanyak 7 giga byte untuk digunakan dalam satu bulan. Memang kuota tersebut diberikan setiap bulan oleh pemerintah.

Sedangkan subsidi kuota yang diberikan kepada tenaga pendidik dalam hal ini guru setiap bulannya sebanyak 12 giga byte. Begitu pula dengan jumlah kuota yang diperoleh bagi mahasiswa beserta dosen sebesar 15 giga byte. Proses pencairan subsidi tersebut akan diberikan di tanggal 11 hingga 15 tiap bulannya.

Aplikasi Yang Tidak Dapat Diakses Menggunakan Subsidi Kuota

Penggunaan subsidi kuota yang didapatkan memang tidak bisa digunakan pada semua aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat diakses dengan menggunakan subsidi kuota yang dimiliki. Aplikasi yang dimaksud tersebut antara lain media sosial, game, dan juga beberapa aplikasi video yang biasa diakses.

Baca Juga :  Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Secara Online

Adapun kategori media sosial yang tidak dapat diakses menggunakan subsidi tersebut seperti Snapchat, Instagram, Snackvideo, dan lain-lain. Selain itu, untuk kategori game yang tidak bisa diakses adalah jenis game yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Sedangkan kategori aplikasi untuk video yang tidak dapat diakses seperti TikTok.

Paparan lengkap mengenai subsidi kuota internet 2021 secara lengkap mulai dari persyaratan hingga aplikasi yang tidak dapat diakses. Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dijalankan apabila hanya menggunakan subsidi tersebut. Alasannya yaitu subsidi tersebut hanya diberikan dalam memenuhi kebutuhan belajar saja.