Info Kartu Prakerja

Yuk Simak Info Kartu Prakerja Terbaru Tahun 2021

Kartu Prakerja yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan memang sangat membantu dalam menunjang perekonomian. Hingga saat ini info Kartu Prakerja terbaru 2021 selalu dicari, kabarnya untuk gelombang ke 17 rencananya akan segera dibuka. Maka dari itu, sangat perlu untuk mengetahui apa saja syarat dan bagaimana prosedur pendaftarannya.

Syarat Untuk Memiliki Kartu Prakerja

Untuk memiliki Kartu Prakerja memang membutuhkan beragam persyaratan yang wajib dilengkapi oleh calon penerima. Tujuan adanya persyaratan tersebut adalah agar dapat menyaring calon penerima yang telah memenuhi syarat. Lantas apa saja persyaratannya? Berikut ulasan lengkap mengenai persyaratan untuk mendapat Kartu Prakerja gelombang 17:

1. Memiliki Usia di Atas 18 Tahun

Syarat yang wajib dilengkapi oleh calon penerima kartu adalah sudah memiliki usia di atas 18 tahun. Dalam hal ini, calon tersebut memiliki status sedang bekerja maupun sudah tidak bekerja karena terkena PHK dari perusahaan. Tidak kalah pentingnya adalah calon penerima merupakan warga negara Indonesia yang dilihat dari identitas yang dimiliki.

TRENDING :  4 bantuan dari pemerintah akan disalurkan, Buruan Daftar

2. Membawa Kartu Identitas

Sebelum melakukan pendaftaran, calon penerima akan melalui tahap verifikasi. Dimana tahap verifikasi yang akan dilalui ada dua tahap. Tahap pertama, calon penerima akan melakukan verifikasi identitas yakni NIK dan KK. Untuk tahap kedua, calon penerima melakukan verifikasi daftar terlarang untuk mengecek apakah masih aktif kuliah atau tidak.

Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Prakerja?

Persyaratan yang diperlukan memang tidak banyak dan syarat yang diperlukan pun tentunya sudah dimiliki. Apabila calon penerima telah dinyatakan lolos pada tahap verifikasi, maka akan diarahkan untuk melanjutkan pendaftaran. Olehnya itu, berikut ini merupakan paparan mengenai info Kartu Prakerja terbaru dalam segi cara melakukan pendaftaran:

1. Membuat Akun Terlebih Dahulu

Cara yang dapat dilakukan calon penerima adalah dengan membuat akun Kartu Prakerja terlebih dahulu. Dimana calon penerima diarahkan untuk membuat akun pada web resmi yaitu www.prakerja.go.id. Setelah itu, calon pendaftar memilih menu Daftar Sekarang dan memasukkan nama lengkap. Bukan hanya nama lengkap, namun email dan password pun diperlukan.

TRENDING :  Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Secara Online

2. Mengisi Data Diri Calon Penerima

Apabila telah melakukan konfirmasi terhadap akun email yang dimasukkan maka akan diarahkan untuk kembali ke tampilan awal. Pada tampilan awal, calon penerima akan mengisi data diri secara lengkap. Data diri yang dibutuhkan dalam hal ini seperti memasukkan NIK yang tercantum di KTP. Selain itu, tanggal lahir, alamat, dan lain-lain juga diperlukan untuk melengkapi data.

3. Mengikuti Tes

Setelah berhasil melengkapi data diri pada web, calon penerima akan diarahkan untuk mengikuti tes. Caranya mengikuti tes tersebut adalah dengan klik Mulai Sekarang. Sebelum memulai tes sebaiknya menyiapkan alat tulis untuk mencari jawaban dari pertanyaan menghitung. Tes tersebut akan berjalan dalam waktu 15 menit saja namun membutuhkan jawaban yang tepat.

Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Untuk Gelombang 17

Untuk Kartu Prakerja gelombang 16 memang telah berakhir sehingga dibuka gelombang selanjutnya di tahun 2021 ini. Jadwal pendaftaran kartu tersebut diperkirakan pada bulan Mei hingga bulan Juni tahun ini. Rencananya, kuota untuk pendaftaran sebanyak 44.000 orang. Selain itu, dana yang sudah disediakan pemerintah sebesar Rp20 triliun untuk pencairan 2 semester.

TRENDING :  Stok ASI Nagita Slavina Jadi Perdebatan Ibu-Ibu Di Medsos

Itulah beberapa penjelasan singkat terkait info Kartu Prakerja terbaru tahun 2021 yang akan dibuka. Dengan beredarnya informasi terkait pembukaan tersebut tentu banyak masyarakat yang ingin ikut untuk melakukan pendaftaran. Memang kuota yang diberikan cukup banyak sehingga peluang untuk mendapatkan kartu tersebut juga sangat besar bagi pendaftar.

 

 

About Firma Wati

Check Also

Kantor Cabang BRI Terdekat

Kantor Cabang BRI Terdekat

Kantor cabang bri terdekat – Cаrа mengetahui lokasi bank brі tеrdеkаt dari lоkаѕі ѕауа sekarang dеngаn …

Leave a Reply

Your email address will not be published.