Info KJMU Tahun 2021

Info KJMU Tahun 2021 Bagi Mahasiswa Jakarta

Pemerintah bukan hanya memberikan bantuan atau bansos kepada masyarakat, namun juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Beragam jenis beasiswa yang telah diberikan seperti KJMU. Namun beasiswa tersebut hanya diberikan kepada mahasiswa yang berdomisili Jakarta. Maka dari itu, beberapa info KJMU tahun 2021 akan dibahas pada pembahasan berikut.

Persyaratan Untuk Mendapatkan KJMU 2021

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut tentu ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh mahasiswa. Persyaratan yang harus dilengkapi memang bersifat umum, dalam artian tidak mudah diurus. Lantas apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut? Berikut paparan lengkap terkait syarat beasiswa KJMU 2021:

1. Membawa Ijazah SMA

Persyaratan yang harus dilampirkan adalah dengan membawa ijazah SMA. Dimana ijazah tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu bukti bahwa calon mahasiswa telah menempuh pendidikan selama 3 tahun. Melalui ijazah pula dapat dilihat asal sekolah calon penerima tersebut. Asal sekolah memang dikhususkan berasal dari Kota Jakarta saja.

2. Membawa Bukti Pernyataan Lulus PTN/PTS

Calon penerima yang akan mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa KJMU sudah dinyatakan lulus di perguruan tinggi. Untuk melihat bukti apakah calon mahasiswa tersebut benar-benar dinyatakan lulus atau tidak bisa melihat bukti pernyataan yang dibawa. Bukti pernyataan lulus tersebut didapatkan dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Prosedur Melakukan Pendaftaran KJMU 2021

Apabila calon mahasiswa belum memiliki kartu KJMU 2021, tentu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Info KJMU tahun 2021 terkait prosedur pendaftaran yang dilakukan ada beberapa langkah. Selain itu, tidak lupa untuk melampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya, berikut info pendaftaran KJMU tahun 2021:

1. Mendaftar di Sekolah Asal

Untuk mendapatkan kartu tersebut, terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran di sekolah asal dengan membawa beberapa berkas. Berkas yang dibawa seperti surat permohonan dan pernyataan untuk bantuan biaya pendidikan. Selain itu, calon mahasiswa juga harus membawa nomor ujian yang dimiliki saat melakukan seleksi masuk perguruan tinggi.

2. Membawa Dokumen Tambahan Bagi Penerima KJP

KJP merupakan singkatan dari Kartu Jakarta Pintar yang tentunya hanya diberikan kepada pelajar yang berdomisili Jakarta. Bagi pelajar yang sudah menerima kartu KJP tidak perlu lagi membawa berkas yang telah dipaparkan sebelumnya. Namun berkas tambahan yang wajib dibawa hanya fotokopi kartu KJP dan fotokopi untuk buku tabungan.

3. Melakukan Verifikasi Berkas

Apabila pengumuman terkait calon penerima KJMU 2021 telah diumumkan, maka akan diarahkan untuk melakukan verifikasi berkas. Dimana verifikasi berkas yang dilakukan adalah melengkapi beberapa berkas tambahan yang telah ditentukan. Setelah itu, tunggu untuk data final terkait nama-nama penerima yang telah ditetapkan.

Jadwal Pencairan dan Jumlah Dana KJMU Tahun 2021

Info KJMU tahun 2021 mengenai jadwal pencairan memang dilakukan pada periode bulan Mei. Dimana pencairan dana ini sudah dilakukan sejak tanggal 11 Mei lalu kepada penerima. Adapun jumlah dana yang diberikan kepada mahasiswa melalui beasiswa ini sebesar Rp9 juta dan akan diberikan untuk setiap semester.

Memang dana yang diberikan tersebut cukup banyak melalui beberapa cakupan biaya. Dimana cakupan biaya yang dimaksud seperti biaya untuk penyelenggaraan pendidikan yang dikenakan di PTS. Selain itu, dana tersebut juga sudah termasuk biaya pembeli buku kuliah, biaya makanan mahasiswa, dan biaya transportasi yang digunakan.

Beberapa penjelasan singkat mengenai info KJMU tahun 2021 mulai dari persyaratan yang harus dilengkapi dan jadwal pencairan. Selain itu, cara atau prosedur pendaftaran untuk mendapatkan kartu ini cukup mudah. Bukan hanya itu saja, biaya atau dana yang diberikan pemerintah bagi penerima atau mahasiswa cukup besar yakni Rp9 juta setiap semester.

Baca Juga :  Buruan daftar, Dengan menggunakan E-KTP Rp 3,5 Juta Cair Bulan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *