Subsidi listrik PLN

Cara Mendapatakan Subsidi Listrik PLN dan Diskon Yang Diberikan

Pemberian bansos bukan hanya berupa material saja atau pangan, namun juga pemberian potongan terhadap listrik. Pihak PLN memang memberikan subsidi listrik kepada masyarakat sehingga meringankan pembayaran yang dilakukan. Subsidi listrik PLN yang diberikan masyarakat beragam tergantung dari besarnya tegangan listrik yang digunakan di rumah.

Bagaimana Cara Agar Bisa Mendapat Subsidi dan Token Listrik?

Agar bisa mendapatkan subsidi untuk listrik tentu memiliki beberapa langkah harus dilakukan oleh masyarakat. Namun masyarakat yang sudah termasuk dalam golongan pasca bayar tentu tidak perlu lagi melakukan beberapa langkah. Akan tetapi masyarakat yang masih prabayar, bisa mengikuti beberapa langkah secara online sebagai berikut:

1. Melalui Website

Apabila ingin mendapatkan subsidi pada listrik maupun token yang digunakan, dapat diurus secara online atau melalui website. Dimana pelanggan hanya perlu membuka alamat web resmi PLN dan memilih Stimulus Covid-19. Setelah itu, pelanggan diperintahkan memasukkan nomor ID dan nantinya tampil kode dari token tersebut.

2. Menggunakan Akun Whatsapp

Apabila langkah melalui web cukup rumit, maka pelanggan dapat melalui akun Whatsapp yang dimiliki. Caranya adalah membuka akun terlebih dahulu kemudian mengirim pesan kepada nomor 08122123123. Setelah mengirim pesan ke nomor tersebut, maka akan ada beberapa petunjuk harus diikuti hingga mendapat token gratis atau subsidi.

3. Menggunakan PLN Mobile

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan subsidi listrik adalah dengan menggunakan aplikasi bernama PLN Mobile. Dimana cara yang dapat dilakukan tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, terlebih dahulu pelanggan membuka aplikasi. Setelah itu, pilih PLN Peduli Covid-19 kemudian masukkan ID.

Diskon Pemberian Subsidi Listrik yang Diberikan PLN

Jumlah pemberian diskon listrik dari pemerintah kepada masyarakat memang berbeda-beda sesuai tegangan listrik masyarakat. Dimana tegangan listrik masyarakat seperti 450 VA dan 900 VA. Lantas berapa potongan yang didapatkan oleh masyarakat? Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai diskon yang diberikan PLN:

1. Daya 450 VA

Penggunaan daya tegangan 450 VA memang banyak digunakan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pembayaran atau tarif yang dikenakan pada tegangan daya tersebut memang tidak banyak sehingga banyak yang menggunakan. Adapun jumlah subsidi listrik PLN untuk masyarakat 50% sehingga beban masyarakat berkurang.

2. Daya Listrik 900 VA Bersubsidi

Daya listrik 900 VA juga banyak digunakan masyarakat untuk pemasangan listrik di rumah tangga. Memang menggunakan daya listrik ini bisa memuat banyak tegangan yang berkekuatan tinggi. Seperti kulkas, mesin cuci, televisi, dan lain sebagainya. Adapun potongan yang diberikan pemerintah sebesar 25% dari tarif yang seharusnya dibayar.

3. Bisnis Kecil Daya 450 VA

Untuk pemilik bisnis kecil daya 450 VA juga diberikan diskon oleh pemerintah. Pemerintah memberikan diskon kepada masyarakat yang mempunyai bisnis kecil ini sebesar 50% dari tarif pada biasanya. Memang pemerintah memberikan tarif potongan seperdua dari tarif sebenarnya. Selain itu, masyarakat tidak perlu lagi membayar tagihan dalam jumlah yang banyak.

4. Industri Kecil Daya 450 VA

Industri memang merupakan bisnis yang kerap dijalani oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan. Maka dari itu, penggunaan tegangan listrik tentu dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Adapun jumlah tegangan yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut adalah 450 VA dan memiliki tarif yang cukup besar. Olehnya itu pemerintah memberikan potongan 50%.

Itulah beberapa paparan mengenai subsidi listrik PLN untuk masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi membayar tarif dalam jumlah yang banyak karena mendapat diskon dari pemerintah. Memang dengan adanya subsidi ini sangat membantu pemerintah dalam pembayaran listrik yang harus dibayar.

Baca Juga :  Informasi Lengkap Mengenai Persyaratan Bantuan Studi Lanjut Guru 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *