Bansos BPNT Akan Cair

Bansos BPNT Akan Cair, Ini Cara Cek Penerima Bansos Kemensos

Masa pandemi covid-19 seperti saat ini memang meresahkan masyarakat karena dapat meningkatkan pengangguran. Melihat hal tersebut, pemerintah memberikan sebuah bansos berupa BPNT. Bansos BPNT akan cair setiap bulannya termasuk di bulan Mei ini. Selain itu, bansos tersebut juga ditujukan kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan.

Memang bansos tersebut banyak diterima oleh masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat masa pandemi. Hal ini dilakukan untuk mencegah persebaran virus covid-19 sehingga tidak meningkat. Maka dari itu, banyak masyarakat yang diberhentikan dari pekerjaannya utamanya pekerja buruh. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi mendapatkan penghasilan.

Jenis-Jenis Bantuan Sosial yang Cair Bulan Mei

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat bukan hanya BPNT saja, namun ada beberapa jenis bantuan lain. Dimana bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang sudah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Berikut merupakan paparan lengkap mengenai jenis-jenis bantuan sosial yang akan cair bulan Mei tahun 2021:

1. Bansos PKH

Bansos yang akan dipercepat proses pencairannya adalah PKH. Bantuan tersebut memang dicairkan setiap 3 bulan sekali, namun kali ini dipercepat agar masyarakat dapat menggunakan bantuan tersebut untuk lebaran. Masyarakat yang menerima bantuan ini antaranya ibu hamil, anak usia dini, lansia, dan penyandang disabilitas.

2. Bantuan Sosial BPNT

Ada juga bantuan sosial yang diberikan masyarakat berupa bansos BPNT akan cair pada bulan ini. Bantuan tersebut diberikan kepada penerima tidak secara tunai namun melalui akun elektronik yang dimiliki masyarakat. BPNT diberikan kepada Kepala Keluarga yang kurang mampu yang nantinya akan menerima bantuan sebesar Rp200.000 setiap bulannya.

3. Bantuan Sosial BLT Dana Desa

Pemerintah juga diberikan bantuan sosial berupa BLT Dana Desa yang biasanya cair setiap bulannya. Dimana BLT ini diberikan kepada masyarakat berdomisili di desa tersebut namun kurang mampu atau termasuk keluarga miskin. Bantuan sosial yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp300.000 dan akan cair di bulan Mei 2021.

Cara Mengecek Nama Penerima Bansos BPNT Pencairan Bulan Mei Tahun 2021

Mengenai nama yang menerima bansos berupa BPNT yang akan cair pada bulan ini bisa melalui website resminya. Adapun website resmi yang dapat dibuka atau diakses adalah cekbansos.kemensos.go.id. Dalam website tersebut muncul beberapa nama yang menerima bansos tersebut. Berikut cara mengecek nama penerima di website bansos:

1. Membuka Website di Mesin Pencarian

Langkah yang dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka website resmi dari bansos di mesin pencarian internet. Apabila website resmi telah dibuka tentu akan menampilkan beberapa kolom yang tersedia untuk diisi pengunjung website. Dimana website memberikan perintah untuk mengisi asal Provinsi, asal Kabupaten, asal Kecamatan, dan Kelurahan.

2. Memasukkan Nama Berdasarkan KTP

Apabila sudah memasukkan asal daerah, selanjutnya ada perintah untuk memasukkan nama berdasarkan KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Dengan memasukkan nama yang tidak sesuai dengan KTP tentu tidak dapat terdeteksi oleh website bansos. Memang nama yang sudah tercantum di KTP merupakan nama yang terdata pada saat sensus penduduk.

TRENDING :  Arti Bestie: Sahabat yang Paling Berarti

3. Masukkan Kode

Nantinya akan ada kode yang berisi 4 huruf dan dimasukkan ke kolom yang telah disediakan. Apabila huruf atau kode yang diberikan kurang jelas, secara otomatis akan dikirimkan kode yang baru. Setelah memasukkan kode tersebut, maka langsung klik tombol cari yang ada pada bagian bawah.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai bansos yang diberikan pemerintah, salah satunya BPNT. Dimana bansos BPNT akan cair di bulan Mei sehingga dapat digunakan membeli keperluan lebaran. Memang bansos tersebut dipercepat untuk proses pencairannya oleh pihak pemerintah.

 

About Firma Wati

Check Also

Samawa Artinya: Apa Sih Maknanya?

Samawa Artinya: Apa Sih Maknanya?

Samawa artinya apa sih sebenarnya? Secara harfiah, kata “samawa” berasal dari bahasa Sunda yang artinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *