5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Kapal selam digunakan untuk operasi siluman kapal selam. Keberadaannya yang tidak diketahui dapat melacak lawan dan mempertahankan perbatasan teritorial maritim.

Kapal selam yang canggih dianggap mempunyai sonar yang bagus, mampu mendeteksi kapal selam musuh, bahkan tidak terlacak oleh radar musuh. Inilah 5 kapal selam perusak yang paling dikhawatirkan di dunia.

1. Kapal Kelas Seawolf (Amerika Serikat)

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Kapal kelas Seawolf dikenal sebagai kapal paling canggih, tetapi juga dianggap sebagai kapal selam “pemburu-pembunuh” termahal di dunia.

Tujuan dari kapal selam ini adalah untuk mengembalikan keunggulan teknologi Angkatan Laut AS atas Uni Soviet selama mata-mata dan pecahnya Perang Dingin dari tahun 1945 hingga pertengahan 1980-an.

Peran kapal kelas Seawolf adalah menemukan dan menghancurkan kapal selam rudal balistik Soviet terbaru (seperti kelas Typhoon) dan kapal selam terbaru (seperti kelas Akura).

Kapal selam kelas Seawolf bisa dikatakan sebagai kapal selam paling tenang yang dibangun di dunia. Bahkan pada kecepatan tinggi, kapal ini dianggap sangat senyap.

Sejumlah besar kapal selam perlu kurangi kecepatannya sampai 5 knot untuk menghindar diagnosis sonar, sedang kelas “Seawolf” bisa melaut dengan kecepatan 25 knot dan tidak bisa terdeteksi oleh sonar lawan.

TRENDING :  Sejarah mobil hybrid: evolusi untuk masa depan

Kapal selam itu memiliki 8 tabung torpedo 660 mm. Tabung tersebut berguna untuk meluncurkan rudal anti kapal sub-harpoon dan torpedo Mk.48. Tabung torpedo juga digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah darat “proyektil” dengan jangkauan 1.700 kilometer.

2. Kapal Kelas Astute (Inggris)

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Royal Navy mengoperasikan kapal selam serang bertenaga nuklir kelas “Xiongmin” pertama pada tahun 2010. Sejauh ini, sudah ada 7 kapal sejenis yang beroperasi.

Pesawat antariksa kelas ketajaman dianggap memiliki mode siluman dan memiliki kemampuan angkut senjata yang lebih tinggi dibandingkan kelas lainnya. Komando dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm, yang dapat membawa campuran rudal dan torpedo.

Selain itu, juga dilengkapi dengan rudal jelajah anti-pesawat Tomahawk IV dengan jangkauan 1.700 kilometer dan dapat menargetkan kapal musuh dan target darat.

3. Kapal Kelas Graney (Rusia)

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Proyek 885 Yasen (Granny class) adalah kapal selam serang bertenaga nuklir terbaru Rusia. Kapal utama Severodvinsk dibangun pada tahun 1993, tetapi ditangguhkan karena masalah pendanaan.

TRENDING :  Honda HR-V 2021 Mulai Dijual, berikut daftar harganya

Kapal mulai beroperasi dengan Angkatan Laut Rusia pada tahun 2013 saja. Kapal ini digunakan  untuk meningkatkan proyek. Saat ini ada 6 kapal yang masih beroperasi.

Granny memiliki 24 tabung peluncuran vertikal, yang dapat digunakan untuk berbagai rudal jelajah. Ini merupakan P-800 Oniks, yang mempunyai jangkauan mencapai 300 km. Mempunyai delapan tabung torpedo 650 mm, dapat digunakan untuk peluncuran torpedo dan rudal. Menurut laporan, kapal tersebut dapat membawa hingga 30 torpedo dan rudal.

4. Kapal Kelas Los Angeles terkini (Amerika Serikat)

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Angkatan Laut AS pada saat ini telah menjalankan kurang lebih 40 kapal selam kelas Los Angeles yang lebih tua, serta kapal selam kelas Virginia dan Seawolf terbaru.

Kapal selam ini adalah versi terbaru dari kelas “Los Angeles” yang mulai digunakan pada tahun 1988. Kelas ini dianggap jauh lebih tenang daripada kelas “Los Angeles” yang asli.Dijelaskan bahwa pesawat ruang angkasa kelas Los Angeles yang ditingkatkan itu 7 kali lebih tenang dari kelas aslinya.

Kapal ini memiliki gudang senjata yang cukup kuat, dilengkapi dengan rudal anti-kapal Sub-Harpoon, torpedo Mk.48 dan rudal jelajah serangan darat Tomahawk. Kapal dapat beroperasi di bawah es laut, dan “Kantor Berita” Rusia mengutip keberadaan kapal selam berpeluru kendali Rusia.

TRENDING :  Lampu Mobil Berembun? Pahami Penyebab dan Solusi nya

5. Kapal Kelas Virginia (Amerika Serikat)

5 Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Virginia Angkatan Laut AS adalah penerus kapal Los Angeles. Kapal perang Virginia dirancang untuk menggantikan kapal perang kelas Sea Wolf yang canggih tapi sangat mahal, lebih kecil, lebih murah, dan lebih serbaguna.Saat ini terdapat 30 kapal selam bertenaga nuklir kelas Virginia yang masih beroperasi.

Kapal selam kelas Virginia dilengkapi dengan sistem peluncuran vertikal 12 tabung (VLS), yang digunakan untuk meluncurkan rudal jelajah Projectile Tomahawk dengan jangkauan 1.700 kilometer. Ada juga empat tabung torpedo 533mm yang dapat digunakan untuk meluncurkan total 26 torpedo kelas berat Mk.48 dan rudal anti-kapal Sub-Harpoon.

Kata KunciKapal selam kelas Virginia-