Monitor Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Monitor Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Monitor Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Mana yang terbaik untuk game, layar lengkung, atau layar datar? -Jika Anda memiliki rencana untuk memasuki dunia game PC untuk pertama kalinya. Sebelum Anda mulai mencari game baru, Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor. Salah satu pertimbangannya adalah penggunaan monitor. Selain itu, ada dua monitor yang umum digunakan saat ini, lengkung dan datar.

Tampilan layar datar untuk para gamer PC yang ingin membenamkan diri dalam permainan. Atau tampilan lengkung menjadi semakin populer, baik dalam resolusi standar 16: 9 atau format ultra-lebar.

Tetapi jenis layar apa yang menampilkan efek terbaik saat ini? Mana yang lebih cocok untuk permainan, melengkung atau datar, dan apa perbedaan utamanya? Jawabannya tentu saja tergantung pada kebiasaan bermain game Anda, budget dan faktor lainnya.

Kali ini beritaplanet akan merinci hal-hal penting seputar layar lengkung dan datar. Dan dapat membantu Anda menentukan tampilan yang paling cocok untuk Anda.

Monitor Lengkung

Kelebihan :

  • Layar ultra lebar sangat bagus untuk membuka banyak tab
  • Mendukung resolusi tinggi
  • Tingkatkan kualitas gambar
  • Dapat mengurangi kelelahan mata
  • Konsistensi warna yang lebih baik

Kelemahan :

  • Semakin lebar layarnya, semakin berat tampilannya
  • Butuh kartu grafis yang lebih baik
  • Menggunakan banyak ruang di desktop
  • Bentuk yang melengkung dapat mempersulit evaluasi dan pengeditan karya visual.
Baca Juga :  Aplikasi Yang Bekerjasama Dengan OVO Semakin Banyak dan Memudahkan

Bila Anda tidak pernah memakai monitor lengkung awalnya, karena itu Anda kemungkinan bertanya apa keunggulan monitor lengkung diperbandingkan monitor monitor datar. Jawaban paling dasar adalah monitor lengkung dirancang untuk memperluas gambar menjadi busur di sekitar bidang pandang Anda sehingga Anda dapat melihat tepi layar dengan penglihatan tepi, daripada memperlakukannya sebagai gambar datar.

Oleh karena itu, monitor lengkung sangat berguna untuk mempercantik gambar atau elemen grafis yang muncul di dalam game. Ini membawa kesan “berkeliling” ke dalam game, tidak hanya di depan Anda.

Bagi mereka yang mencari produktivitas lebih tinggi, layar lengkung dan lebar sangat ideal untuk multitasking atau proyek yang memerlukan banyak tab untuk dibuka untuk satu proyek pada waktu yang sama.

Monitor Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa monitor lengkung juga bisa mengurangi kelelahan mata. Ini dapat membantu mengurangi kelelahan selama sesi permainan kompetitif yang panjang. Dibandingkan dengan layar datar dengan ukuran serupa, layar lengkung juga dapat memastikan konsistensi warna yang lebih baik.

Di sisi lain, monitor lengkung yang lebih besar tidak dapat menampilkan semua game PC pada resolusi yang sesuai. Untuk memanfaatkan tampilan sepenuhnya, game perlu menggunakan dukungan untuk resolusi ultra lebar seperti 3440 × 1440 atau 2560 × 1080, yang dapat membuat game yang didukung tampak hebat. Namun, monitor lengkung akan menambahkan bilah hitam di sisi layar saat Anda memainkan game yang tidak didukung.

Baca Juga :  Teknik melakukan SEO Terbaik Untuk WEB

Dan, jika Anda berencana menggunakan PC untuk mengedit video, monitor lengkung mungkin akan menyulitkan untuk membedakan apakah garis atau potongannya lurus. Atau, sesuatu yang terlihat bagus pada monitor ultra lebar mungkin terlihat berbeda pada monitor standar atau layar ponsel. Oleh karena itu, layar lengkung tidak cocok untuk pekerjaan pengeditan video atau gambar.

Monitor Layar Datar

Kelebihan :

  • Cenderung ringan
  • Lebih cocok untuk jenis pekerjaan tertentu
  • Ini secara native mendukung rasio aspek sebagian besar game
  • Umumnya murah
  • Ideal untuk pengaturan monitor ganda

Kelemahan :

  • Kebanyakan dari mereka tidak memiliki bidang pandang yang sangat luas
  • Kualitas gambar dan konsistensi warna di dekat tepi layar menurun

Meskipun layar panel datar tidak dapat memberikan tampilan melengkung tambahan, mereka memiliki keuntungan karena dapat menampilkan sebagian besar game tanpa penyesuaian apa pun, dan lebih murah, biasanya lebih kecil dan lebih murah.

Sebagian besar game dirancang dengan rasio aspek 16: 9 pada tampilan layar datar, sehingga terlihat bagus di semua resolusi di luar kotak. Tampilan panel datar dapat memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang apa yang akan dilihat audiens Anda saat berinteraksi dengan mereka.

Selain itu, jika Anda berencana untuk membiarkan lebih dari satu orang melihat monitor Anda, apakah Anda sedang menonton film atau bermain co-op, layar datar akan bekerja lebih baik.

Baca Juga :  cara Merakit Komputer

Tentu saja, jika Anda menginginkan beberapa keuntungan dari layar lengkung ultra lebar, Anda dapat pergi ke layar kedua dan mendapatkan efek yang sama melalui pengaturan monitor ganda.

Namun, menggunakan tampilan layar datar tidak akan memberikan pengalaman yang sama seperti layar lengkung. Layar melengkung dapat mengakomodasi penglihatan periferal Anda dan memberikan kualitas dan warna gambar yang lebih konsisten, tetapi di tepi layar panel datar, aspek ini akan menjadi lebih buruk.

Perbandingan Monitor lengkung dengan datar

Meskipun salah satu tidak lebih baik dari yang lain, ada beberapa aspek utama yang akan memengaruhi pengalaman bermain game Anda secara keseluruhan dengan tampilan melengkung atau datar. Beginilah cara mereka membandingkan dua jenis layar.

Ukuran dan berat

Monitor lengkung umumnya lebih lebar dibanding monitor datar, dan sama seperti yang disebut sebelumnya, monitor ini direncanakan untuk tingkatkan pengalaman pemakai, hingga layar-lebar dibutuhkan untuk capai pandangan periferal pemain.Dibandingkan dengan layar panel datar, tepi yang melengkung juga memudahkan untuk melihat seluruh layar sekaligus saat duduk di samping layar.

Lebar layar datar biasanya berkisar antara 23 hingga 27 inci. Sebaliknya, monitor lengkung biasanya mulai dari 27 inci dan membentang dari sana. Samsung CHG9 series ultra wide adalah contoh layar berukuran luar biasa dengan lebar 49 inci.

Baca Juga :  Simak 5 Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google Tanpa Perlu Waktu Lama

Kualitas warna

Kualitas dan kuantitas warna yang dapat ditampilkan pada tampilan panel datar dan tampilan melengkung bervariasi dari satu tampilan ke tampilan lainnya. Sekarang, semakin banyak monitor gaming yang mendukung HDR, yang dapat mencapai kecerahan berkualitas tinggi melalui putih terang dan hitam pekat. Namun, perlu diperhatikan bahwa layar monitor yang melengkung dapat memberikan konsistensi warna yang lebih baik, karena setiap piksel paling baik diarahkan ke Anda. Pada layar datar, warnanya mungkin sedikit berbeda dari Anda.

Monitor Lengkung vs Datar, Mana Yang Terbaik Untuk Bermain Game?

Perangkat keras

Dengan bertambahnya lebar monitor, jumlah piksel pada layar juga bertambah. Oleh karena itu, untuk menjalankan game pada monitor ultra-lebar dengan kecepatan bingkai sangat tinggi, Anda memerlukan kartu grafis yang dapat menangani keluaran tambahan. Jika salah satu bisa ditemukan, salah satu kartu grafis seri 3000 Nvidia seharusnya bisa menjawab tantangan tersebut.

Kecepatan refresh

Apakah Anda menggunakan monitor lengkung atau monitor datar, kecepatan refreshnya jelas bervariasi dalam rentang yang luas, dari monitor standar 60Hz hingga 144Hz, 240Hz, dan bahkan lebih tinggi, jika Anda ingin bersaing.

Namun, karena ukuran layarnya yang melengkung, setidaknya diperlukan pengalaman yang lengkap. Anda mungkin membayar lebih Layar melengkung dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi daripada layar panel datar.

Layar Lengkung vs datar

Saat memilih monitor game terbaik untuk Anda, jarak tempuh Anda dapat bervariasi tergantung pada apakah Anda memainkan game dan apa selain monitor game yang Anda gunakan.

Baca Juga :  Cara aman menggunakan kartu kredit untuk belanja online, agar terhindar dari kejahatan

Monitor datar yang andal dapat digunakan untuk berbagai tugas, termasuk pengeditan video dan seni digital, tetapi monitor lengkung dapat memberikan tampilan tambahan untuk game, memaksimalkan piksel ekstra. Layar ultra lebar ini sangat cocok untuk bekerja dan hiburan.

Itu semua tergantung pada apakah Anda membutuhkan lebar ekstra, dan mempertimbangkan berat dan real estatnya. Jika Anda benar-benar ingin memaksimalkan efek visual, kesenangan pribadi, atau mendapatkan keunggulan kompetitif tambahan, monitor ultra lebar mungkin pilihan terbaik Anda. Dengan kata lain, dibandingkan dengan layar datar biasa, Anda juga harus siap membayar lebih untuk layar lengkung berkualitas tinggi.

Jika Anda berencana untuk bermain game secara lokal atau menonton film bersama teman, sebaiknya gunakan layar datar, karena semua peserta dapat melihat seluruh layar. Selain itu, karena tampilan layar datar cenderung lebih murah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih tampilan monitor ganda yang dimiringkan, yang memiliki efek yang sangat mirip dengan tampilan lengkung ultra lebar, meskipun sudutnya akan lebih tajam.

Kedua pengaturan dapat digunakan untuk permainan online kompetitif, tetapi tampilan melengkung dapat memudahkan Anda untuk melihat detail di tepi layar datar yang mungkin Anda lewatkan. Namun, mungkin perlu beberapa saat untuk memindahkan kursor pada layar ultra-lebar, sehingga akan memperlambat waktu respons. Jadi yang mana yang akan kamu pilih? Layar melengkung atau layar datar?

 

Kata Kuncimonitor datar vs monitor lengkung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *