PP Naik Mobil Listrik Hyundai IONIC Electric Jakarta-Bali Cuma Habis Segini

PP Naik Mobil Listrik Hyundai IONIC Electric Jakarta-Bali Cuma Habis Segini

PP Naik Mobil Listrik Jakarta-Bali Cuma Habis Segini

Perjalanan IONIQ Electric Hyundai Jakarta-Bali dalam Road Trip Jawa-Bali masih mengisahkan. Yang pasti menarik dalam pembahasan adalah biaya pemungutan di sepanjang jalan. Ini pasti jauh lebih murah dibanding biaya isi ulang untuk rute yang sama.

Perjalanan tim detik.com mengendarai mobil listrik dari Hyundai Ioniq ternyata tidak mudah. Masalahnya, dibandingkan mobil tradisional, untuk bisa bepergian dari Jakarta ke Bali dengan mobil listrik membutuhkan pendekatan yang berbeda. Setidaknya pertimbangkan lokasi pengisian hingga pengisian berlangsung lebih lama.

Hal ini tentunya berbeda dengan mobil BBM tradisional yang hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit untuk mengisi tangki bensin hingga ke pinggir SPBU, dan lokasi SPBU juga tersebar dimana-mana.

Tapi jangan salah sangka, jangan khawatir, ada juga stasiun pengisian mobil listrik di sepanjang jalur Jakarta – Bali. Kita hanya perlu menghitung jarak dan tujuan agar sesuai dengan jarak tempuh baterai dari stasiun pengisian dan mobil listrik.

TRENDING :  Motor listrik BL-SEV01 ciptaan Universitas Budi Luhur di luncurkan Tahun ini

Namun, setelah memperhitungkan biaya perjalanan dari Jakarta ke Bali, semuanya akan dikompensasikan. Tidak diragukan lagi, penggunaan kendaraan listrik sangat murah. Selama perjalanan tim detik.com Jakarta-Bali dan Bali-Jakarta menggunakan Hyundai Ioniq Electric hanya merogoh kocek sebesar Rp 872.571. Itulah ongkos berangkat hingga pulang ke Jakarta.

Perlu diketahui bahwa kami tidak akan langsung berangkat dari Jakarta ke Bali. Ada banyak tempat wisata dan memasak populer di beberapa kota. Dibandingkan dengan penerbangan langsung dari Jakarta ke Bali dan sebaliknya, ini sangat menambah rute perjalanan.

Pengisian aki Hyundai Ioniq pertama dilakukan di Cirebon tepatnya dua kali pengisian daya masing-masing di diler Hyundai Cirebon dan rest area tol Cirebon Palikanci. Biaya untuk dua pengisian ulang masing-masing adalah Rp 9.000 dan Rp77.597.

Setelah memasuki Kota Semarang, tim detik.com kembali melakukan pengisian baterainya. Kami beruntung karena ada gratis di lokasi ini, juga dikenal sebagai gratis. Pengisian SPKLU di kantor PLN Semarang mulai dijual. Menyenangkan bukan?

TRENDING :  DFSK Resmi Pasarkan Mobil Listrik Gelora E, Harga Rp 400-an Juta

PP Naik Mobil Listrik Hyundai IONIC Electric Jakarta-Bali Cuma Habis Segini

Sebelum memasuki kota Solo, tim detik.com melakukan pengisian ulang baterainya di Sragen, tepatnya di rest area Solo Sragen dengan harga Rp 43.464. Melanjutkan perjalanan ke Solo, kami cukup menagih Rp 100.000 untuk aki Hyundai Ioniq Electric di pusat perbelanjaan Solo Paragon.

Installer yang belum selesai tersebut masuk ke tim detik.com Surabaya dan kembali ke kantor Surabaya untuk mengisi baterai seharga Rp97.742. Perjalanan dilanjutkan ke Banyuwangi, dimana kita berhenti via PLN Banyuwangi dengan tarif Rp 143.403.

Di Bali, kami mengunjungi beberapa tempat wisata dan kuliner. Dalam dua hari, kami mencatat dua pengisian daya Hyundai Ioniq. Hari pertama Rp 53.886 dan hari kedua Rp 52.563.

Pulang ke Jakarta

Untuk jalur pulang, tim detik.com akan kembali ke PLN di Banyuwangi untuk pengisian. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Surabaya, di mana baterainya sudah terisi ulang hingga Rp 89.790. Kemudian reload di rest area Solo Sragen dengan biaya Rp 103.827.

TRENDING :  Mobil Ford Hybrid

Rute pulang pergi road trip IONIQ Electric Hyundai Jawa-Bali adalah memasuki Semarang dan kembali ke Jakarta. Sekali lagi kami berikan free charging PLN UP3 di Semarang yang masih di jual.

Setelah Hyundai Ioniq Electric di Semarang terisi penuh, tim detik.com kembali ke rest area Batang-Semarang dengan harga Rp 16.109 untuk pengisian daya. Tempat istirahat Cirebon.

PP Naik Mobil Listrik Hyundai IONIC Electric Jakarta-Bali Cuma Habis Segini

Total, tim detik.com hanya menggunakan Hyundai Ioniq Electric untuk tiket pulang-pergi Jakarta-Bali seharga Rp 872.571. Total jarak yang ditempuh adalah 2.894 kilometer.

Dibandingkan dengan penggunaan kendaraan konvensional dengan jarak tempuh yang relatif sama yaitu diatas Rp. Jumlah 872.571 sangat berbeda. Menurut catatan detikTravel, bepergian ke Bali dengan mobil pribadi bisa menghabiskan biaya Rp 1 juta (asumsi Anda menggunakan Pertamax di mobil dengan konsumsi BBM 1:10). Meski begitu, cara biaya bensin hanya satu, bukan biaya pulang pergi, dan perjalanan darat dilakukan langsung tanpa berhenti di berbagai tempat.

Bagaimana,murah bukan?

About administrator

Check Also

Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu

Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu Yang Segera Dirilis

Spesifikasi Suzuki Jimny 5-Pintu Setelah Suzuki Jimny datang, para fans tidak puas. Ya, mereka tetap …

Leave a Reply

Your email address will not be published.