Lampu Mobil Berembun? Pahami Penyebab dan Solusi nya

Lampu Mobil Berembun? Pahami Penyebab dan Solusi nya

Pahami penyebab dan solusi mika untuk lampu depan mobil

Lampu mobil berembun? Masalah ini biasanya terjadi di dalam mika atau lampu kaca. Tak hanya mobil tua, mobil baru juga bisa mengalami masalah ini. Meskipun lampu utama adalah bagian penting dari menjaga jarak pandang, itu adalah pandangan pengemudi di masa depan. Belum lagi tampilan mobil yang kurang menarik. Cahaya yang ditimbulkan tidak terlalu terang/redup.

Apa Penyebabnya?

Penyebab pengembunan atau pengembunan di dalam mika lampu. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan suhu udara antara bagian luar dan dalam lampu mika. Dengan cara ini akan muncul bintik-bintik air pada mika, yang akan merusak fungsinya tanpa merusak pandangan. Sekalipun hal itu sering terjadi, keberadaan air dapat menyebabkan korsleting pada bohlam.

“Cahaya mika biasanya menunjukkan embun saat hujan atau saat mencuci mobil di luar tempat pencucian mobil. Dalam hal ini, akan terjadi perbedaan suhu antara bagian dalam dan luar mika, yang dapat menyebabkan pengembunan, kata Samsudin, juara teknis nasional. dari PT Astra International Peugeot.

Pahami penyebab dan solusi mika untuk lampu depan mobil

Terbukanya kaca silikon atau mika biasanya karena kebiasaan pemilik mobil memarkir mobilnya di luar ruangan dan memaparkannya ke sinar matahari langsung. Panas matahari mengeraskan silikon atau kaca mika, menyebabkan kerapuhan dan retak. Pembukaan cincin penyegel juga bisa disebabkan oleh masa pakai mobil yang lama.

Kehadiran embun tidak bisa diabaikan. Karena kelembapan bisa masuk ke kap lampu, biasanya hal itu disebabkan oleh kebocoran sealant antara mika dan kap lampu. Hal ini mungkin disebabkan oleh penuaan plastik, yang lama-kelamaan mulai rapuh. Oleh karena itu kemungkinan terjadinya infiltrasi air lebih besar.

Jika mobil kehabisan air, mungkin ada air di mika lampu. Biarkan air masuk dari ventilasi atau paking karet untuk melindungi penutup bohlam (perangkat penerangan).

Apa Bahaya Lampu Mobil Berembun?

Jika Anda menemukan lampu mobil berkabut, sebaiknya segera lakukan tindakan. Lampu mobil yang berkabut akan meredupkan warna lampu. Kebosanan ini disebabkan tumbuhnya jamur di tempat yang lembab. Semakin gelap cahayanya, semakin buruk efek pencahayaannya.

TRENDING :  Dapatkan bantuan dari Kemenkos senilai Rp 3,5 Juta, Berikut syaratnya

Selain itu, kelembapan juga bisa membuat bohlam pecah. Saat bola lampu dinyalakan, tidak hanya memancarkan cahaya, tetapi juga menghasilkan panas. Saat kelembapan menyentuh bohlam, akan terjadi perbedaan suhu yang dapat merusak kaca bohlam. Ini tidak termasuk kemungkinan korsleting listrik yang mungkin terjadi saat air menyentuh filamen dan menyebabkan kebakaran.

Cara Mengatasinya Lampu Mobil Berembun?

Jika kondensasi terlalu sering, atau bahkan air masuk ke kap lampu, lampu harus dilepas mau tidak mau. Lakukan perawatan dan perbaiki area yang rusak, bersihkan, dan berikan sealant yang lebih baik untuk mencegah kebocoran.

Namun, jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk membawanya ke bengkel pencahayaan khusus, tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah menghindari penyemprotan air bertekanan di sekitar lampu bagian depan.. Selain itu, Anda juga harus bekerja keras untuk menerobos air banjir, terutama yang rendah. -mobil biayanya seperti mobil. Mobil “, kata Samsudin.

Cara mengatasi Lampu Mobil berembun dan buram

Sebenarnya mudah untuk membersihkan embun pada kap lampu. Berhenti di tempat yang tidak ada hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa selama beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun hilang dengan sendirinya. Namun, cara ini juga bergantung pada lubang lampu utama. Jika embun berubah menjadi genangan, tidak ada cara lain selain menyalakan lampu sein.

Pertama, periksa bagian belakang kap lampu. Periksa apakah port knalpot diblokir. Saat tersumbat, bersihkan untuk mencegah debu menempel. Lepaskan dari lampu sein searah jarum jam. Setelah melepaskan, nyalakan lampu mobil selama beberapa menit hingga embunnya hilang. Setelah kering, nyalakan lampu sein seperti semula.