IIMS Hybrid 2021: Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik,dihadiri Sandiaga Uno

IIMS Hybrid 2021: Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik,dihadiri Sandiaga Uno

Benelli Motor Indonesia meluncurkan dua produk baru di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Salah satunya adalah sepeda motor listrik berbentuk skuter bernama Dong. Sepeda motor lainnya adalah sepeda motor biasa bernama Panarea 125. Harga Panarea 125 Rp 24,8 juta, dan harga skuter listrik Dong Rp 36,8 juta. Menariknya, awal pawai didampingi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Sandiaga Uno).

Meski mewabahnya Covid-19, Benelli Indonesia tetap berkarya dan memberikan “cita rasa baru” bagi dunia sepeda motor roda dua di Indonesia. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menampilkan produk baru. Di sisi lain, pihaknya tetap berkeinginan memberikan dukungan untuk pengembangan dan kebangkitan kendaraan ramah lingkungan.

IIMS Hybrid 2021: Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik,dihadiri Sandiaga Uno

Panarea 125 adalah skuter entry level yang disediakan oleh Benelli Indonesia. Ia memiliki kepribadian yang elegan dengan sentuhan klasisisme. Melalui konsep tersebut, ia menilai cocok untuk anak muda yang aktif. Bisa dibilang dia adalah motor retro seperti Vespa Sprint atau Kymco Like.

Gaya futuristic desain konsepnya hampir sama dengan skutik eropa.Secara keseluruhan, bodinya terlihat sangat bulat. Spatbor depan, spakbor belakang hingga bodi belakang menggunakan model miring tanpa ada tekukan tegas. Lampu depan terletak di housing dalam pola trapesium dan menggunakan teknologi LED. Lampu hemat energi juga digunakan untuk lampu sein dan lampu stop.

Ukurannya sangat cocok untuk pengendara muda. Panjangnya 1.825 mm dan lebar 685 mm. Jarak bebas ke tanah 125 mm, jarak sumbu roda 1.270 mm, dan berat kering 104 kg. Ada tangki bahan bakar 4,6 liter di bawah jok. Untuk barang bawaan di bawah jok yang tidak terlalu besar bisa memakai helm dengan ukuran tertentu atau menyimpan barang berukuran kecil.

Baca Juga  Honda Hybrid: Mobil yang memberikan efisiensi bahan bakar terbaik

IIMS Hybrid 2021: Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik,dihadiri Sandiaga Uno

 

Ini memiliki fungsi penghentian mesin yang sama seperti yang dipasang pada mobil balap. Lalu ada lampu hazard yang bisa digunakan dalam situasi darurat. Kemudian kemas dashboard menjadi tampilan yang simpel dan elegan. Gunakan model kombinasi analog-digital. Petunjuk tradisional menunjukkan kecepatan, sedangkan layar biru modern memberikan informasi yang cukup. Ada jam, indikator bensin, trip A dan B, serta pengaturan tampilan mil dan kilometer. Sisa tiap sisi diisi dengan berbagai indikator.

 

Bicara soal mesin, Cube adalah 125 cc, dengan satu silinder, SOHC, dua katup, dan konfigurasi berpendingin udara. Jantung mekanis juga dilengkapi dengan sistem penekanan injeksi bahan bakar. Jika Anda ingin menghidupkan mesin, Anda sudah memiliki pedal kaki dan starter elektrik. Tenaga yang bisa dihasilkan 8,5 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,2 Nm pada 6.000 rpm.

Layanan kaki dilengkapi dengan suspensi teleskopik dan unit ayun dengan peredam kejut tunggal. Mengenai ukuran ban, gunakan 100 / 90-12 inci untuk depan dan 110 / 90-12 inci untuk belakang. Andalkan cakram depan dan tromol belakang untuk pengereman. Model ini memiliki tiga varian warna yakni: kuning putih dan hitam.

Dong memiliki desain yang futuristik dan modern. Penampilannya jauh dari kesan standar. Desainnya mencerminkan desain kendaraan ramah lingkungan yang akrab di benua Eropa. Ukurannya cukup kecil, dengan panjang 1.670 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1.025 mm. Bobot keringnya hanya 74 kg, belum termasuk baterai.

IIMS Hybrid 2021: Benelli Indonesia Luncurkan Skuter Listrik,dihadiri Sandiaga Uno

 

Ada konsep dinamis dari depan hingga akhir. Tubuh Serbalandai tidak memiliki garis atau lekukan yang tegas. Ukurannya bisa dikatakan kecil dan hanya bisa digunakan oleh orang dewasa. Tidak ada lagi ruang penumpang. Mesin Dong drive menggunakan generator motor 1200 watt dengan kapasitas satu baterai, dan spesifikasinya 18.650 lithium-ion BMS 60V / 26Ah. Konon biaya ini bisa menempuh jarak 60 kilometer dengan sekali pungut.

Baca Juga  Bagaimana Mobil Hybrid Bekerja: Gambaran Singkat Mobil Masa Depan

 

 

Keunikannya terletak pada penggunaan suspensi depan sistem roda pendaratan pesawat. Desain desain ini mirip dengan peredam kejut yang digunakan di pesawat terbang. Kemudian gunakan aluminium untuk pelek, yang ringan dan kuat. Kemudian yang paling menarik adalah dia bisa mengeluarkan suara seperti skuter tradisional. Irama yang dihasilkan dapat disesuaikan mengikuti nada pembukaan gas.

 

Benelli Dong memiliki tiga varian warna yaitu: kuning,putih dan hitam. Saat memesan di IIMS Hybrid 2021, konsumen bisa menikmatinya dengan masa tunggu satu bulan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *